Lari Pagi Setiap Hari Bersemi Kembali

 

Akhir-akhir ini saya mulai lagi jalanin hobi lama, lari... tapi bukan lari dari kenyataan lho ya hehehehe

Lari ini hobi lama, dulu sewaktu masih aktif Ju Jitsu dan pecinta alam, lari 10km lalu dilanjut naik turun tangga 3 lantai sebanyak 10x sudah jadi hal biasa, tapi itu dulu... duluuuu banget

Kenapa saya jadi happening lagi pengin lari...??

Karena saya merasakan perubahan yang luar biasa semenjak rajin sepedaan, semenjak rajin gowes, berat badan bisa turun dan badan lebih bugar, pengalaman mengenai cara turun berat badan dengan gowes saya tuliskan disini

Selain itu saya melihat mereka yang rajin gowes atau lari adalah orang-orang yang rata-rata diatas 35 tahun tetapi mereka yang diatas 40 tahun kelihatannya lebih semangat, mungkin karena faktor pekerjaan yang sudah mapan dan mungkin juga sudah mulai sadar kesehatan di bandingkan yang masih dibawah 40 tahun

Beda lari sama gowes menurutku ada di kaki dan detak jantung
Kalau gowes saya bisa 20km tidak berhenti sambil di seling-seling ngebut dan santai tetapi kalau lari, dapat 1 km gak brenti aja udah alhamdulillah biarpun tetep ujung-ujungnya bisa 5km juga tetapi dengan waktu tempuh lebih lama

Kalau gowes bener-bener kekuatan dengkul dan paha, awal-awal dulu daerah situ yang sering pegel tapi karena sudah sering gowes jadinya biasanya saja

Kalau lari lebih sering kaki dan telapak kaki yang pegel bahkan bisa kram kalau kurang pemanasan

Detak jantung juga beda, kalau gowes detak jantung lebih santai tetapi kalau lari, detak jantung lebih kencang dan kalau sudah ngos-ngosan, mending saya brenti aja dulu atur nafas sambil ngelurusin kaki yang mulai pegel

Untuk keseharian, lari ini biasanya saya seling-seling dengan gowes tergantung mood dan waktu

Kalau gowes 15 menit bisa dapet 6km tapi kalau lari 5km bisa sejam padahal jam 8an sudah mulai datang karyawan, gak enak kalau masih pakai kolor dan keringetan hehehehe.....

Sekarang sekeluarga sudah mulai ikut lari biarpun masih banyakan jalan dan pernah juga diajakin lomba Fun Run Family 2.5K buat seneng-senengan aja biar ada variasi pas lari

Oh iya, kalau lari saya sering aja anak saya umur 7 tahun dan biasanya temen-temennya pada ikutan jadinya rame dan kayak karnaval, harus teriak-teriak nyuruh minggir biar tidak kesempet mobil hehehehe....

Pengalaman seru sewaktu lari akan berlanjut di lain waktu dan semoga bisa ikutan Full Marathon tahun 2018, aamiin