Algoritma Google 2023 EAT

Algoritma Google 2023 E-A-T adalah sistem algoritma terbaru dari Google dan bagi pemilik bisnis yang salah satu channel penjualannya menggunakan website, mau tidak mau harus menyesuaikan dengan perkembangan yang ada

Penjelasan mengenai E-A-T secara sederhana saya jelaskan seperti dibawah ini

Algoritma Google E-A-T (Expertise, Authoritativeness, Trustworthiness) adalah satu set kriteria yang digunakan oleh mesin pencari Google untuk menilai kualitas halaman web dan menentukan peringkat mereka dalam hasil pencarian. E-A-T menilai kualitas sebuah halaman web berdasarkan tiga faktor utama:

Expertise (Keahlian): Ini mencakup pengetahuan dan pengalaman penulis atau pemilik halaman web tentang topik yang dibahas. Jika halaman web ditulis oleh ahli yang terpercaya di bidangnya, maka kemungkinan besar akan dinilai lebih tinggi oleh Google.

Authoritativeness (Kepentingan): Ini mencakup sejauh mana halaman web dipandang sebagai sumber otoritatif di bidangnya. Halaman web yang memiliki banyak backlink dari situs-situs otoritatif lainnya akan mendapatkan peringkat lebih tinggi dalam hasil pencarian Google.

Trustworthiness (Kepercayaan): Ini mencakup sejauh mana halaman web dianggap dapat dipercayai oleh pengguna. Halaman web yang memiliki informasi yang akurat, terpercaya, dan jelas, serta yang mematuhi standar etika dan hukum yang berlaku, akan lebih dihargai oleh Google.

Algoritma E-A-T sangat penting bagi situs web yang mencari peringkat tinggi dalam hasil pencarian Google. Untuk meningkatkan kualitas dan relevansi halaman web, pemilik situs web harus fokus pada menyediakan konten yang berfokus pada pengalaman pengguna, menyediakan informasi yang akurat dan terbaru, serta membangun otoritas dan kepercayaan dalam niche mereka.


Implementasi E-A-T sudah saya lakukan untuk beberapa website yang saya kelola dan hasilnya sangat bagus untuk pencarian Google dibandingkan artikel yang belum menerapkan algoritma E-A-T

Yang saya lakukan perubahan di website seperti dibawah ini dan bisa juga dicontek caranya untuk website teman-teman

Expertise, agar terlihat ahli oleh Google maka saya membikin konten yang profesional berdasarkan intent (kesesuaian konten). Misal saya ingin menjual sebuah komputer maka saya harus menjelaskan secara detail mengenai spesifikasi, tempat penjualan, harga, alamat, no tlp dan informasi pendukung lainnya. Semakin lengkap semakin bagus dan kita akan dianggap berpengalaman oleg Google 

Authoritativeness (Kepentingan), ini berhubungan dengan kualitas website yang salah satunya di wakili dengan penilaian DA (Domain Authority) dan PA (Page Authority) yang salah satunya bisa didapat dari banyaknya backlink yang mengarah ke website kita. Semakin banyak backlink berkualitas yang masuk ke web kita maka website akan dianggap sangat penting oleh Google dan berpotensi ditampilkan di halaman utama pencarian

Trustworthiness (Kepercayaan), agar calon pembeli percaya dengan website kita maka informasi yang ada di website harus benar dan enak dibaca, jangan terlalu dipaksakan banyak kata kunci dimasukkan demi mengejar ranking padahal tidak enak dibaca oleh pembaca. Intinya website kita harus nyaman alurnya serta enak dibaca

Alhamdulillah secara pelan tapi pasti beberapa artikel yang lama bisa mulai naik di halaman 1

Informasi lebih lanjut tentang algoritma E-A-T bisa dibaca dari sumber resmi Google di https://developers.google.com/search/docs/guides/quality-evaluator-guidelines. Halaman ini berisi panduan dan penjelasan rinci tentang E-A-T dan cara meningkatkan kualitas situs web agar sesuai dengan standar Google.