Kelompok Mentoring Bisnis 04 Bekasi Bersama Prestisa

Kelompok Mentoring Bisnis 04 Bekasi

Hari ini bareng sama teman-teman KMB 4 (Kelompok Mentoring Bisnis) Bekasi mengadakan kunjungan ke Prestisa, toko bunga ucapan yang di komandani oleh mas Cesar Rohedi, seorang anak muda yang penuh semangat dengan mimpi besar

Tema kunjungan kali ini kami mau belajar mengenai cara memanage puluhan customer service di toko bunga yang buka selama 24 jam, 265 hari dalam setahun dan hanya akan tutup sewaktu kiamat aja

Prestisa mempunyai 25 tim management dengan susunan struktur organisasi seperti perusahaan lainnya yaitu ada direktur, wakil, manager, supervisor dan di level management, cukup sampai supervisor saja

Untuk operasional, Prestisa mempunyai sekitar 75 orang "customer service" yang sebetulnya bukan customer service tetapi dibagi dalam beberapa layer

Naah disini serunya tetapi saya hanya akan bagikan beberapa yang dasar saja karena yang disampaikan tadi sudah sampai tahap bedah rahasia dapur dan sudah disepakati kalau tidak boleh memfoto slide dan beberapa bagian tidak boleh keluar dari ruangan

Ada 3 hal yang menjadi kunci kesuksesan Prestisa

1. Development
2. Validasi
3. Scale up

Prestisa punya divisi Business Development yang bertugas untuk mewujudkan ide gilanya mas Cesar

Ide yang masih liar diterjemahkan oleh tim kecil sambil dilakukan simulasi-simulasi sampai mengerucut ke sebuah kesimpulan kalau cara ini bisa dipakai dan jika ingin mendapatkan hasil lebih lagi maka dibutuhkan resource sekian xxx

Contoh, Jika ingin berjualan di Tiktok maka tahapannya adalah 
1. Development dengan membangun akun tiktok sambil di optimasi menggunakan beberapa cara yang ada
2. Validasi sambil dilakukan test ukur dan disini dibutuhkan endurance untuk menjalankan proses sambil siap boncos karena proses test ukur yang tidak selalu sesuai harapan
3. Scale up dilakukan jika sudah mengerucut ke sebuah kesimpulan dan di tahap ini dimulailah keluar dana dan resource yang besar


Pertanyaan berikutnya, apakah setelah menjalankan ke 3 cara diatas kemudian menghasilkan profit...?? ternyata tidak karena semua serba dinamis dan disinilah kehebatan Prestisan yang berdiri sejak 2012 dan sudah paham banget mau dibawa kemana bisnisnya ke depan dengan menerapkan program ERP (Enterprise Resource Planning) di tahun 2013 padahal skala bisnisnya masih unyu-unyu

Masih banyak yang bisa digali selama 3 jam tetapi yaitu tadi, tidak semua boleh di share di umum, cukup jadi pembelajaran dan evaluasi bagi peserta yang ada

Salam YPC