Belajar Design Sprint

Sabtu 24-agustus kemarin saya kesempatan sangat menarik untuk belajar Design Sprint yang di ajarkan oleh pak edwin, master design sprint Google yang sudah puluhan kali mengajarkan hal yang sama

Case study saat ini adalah mematangkan konsep TDA TV agar bisa eksis serta untung secara materi, istilahnya di bikin jadi bisnis beneran biarpun yang inisiasi adalah sebua komunitas bisnis

Design sprint harus dipimpin oleh seorang ketua kelas yang dipilih oleh peserta


Untuk peserta ini adalah tim yang terlibat dalam daily activity dan di dalam ruangan semua posisinya setara dan mempunyai suara yang sama, tidak ada atasan bawahan


Dibawah ini saya coba tuliskan apa yang saya catat sebagai bahan belajar dan masih banyak yang belum dipraktekkan

Urutan Design Sprint
1.      Bikin why
2.      Tentukan stake holder
3.      Tentukan hal positif dan pilih 3
4.      Tentukan hal negatif dan pilih 3
5.      Reframing problem. Putuskan HOW-nya apa). Gunakan konsep HMW (How – Might – We)
How = bagaimana solusinya
Might = jalan dulu menggunakan resource yang ada dan jangan takut salah
We = Fokus ke kebutuhan user, jalan bersama user
6.      Create solution (What)
7.      Vote solution
8.      Pilih solusi terbanyak
9.      Mapping existing problem
10.  Bikin list interview antara 5-15 orang. Berdasar riset, dari 5 orang biasanya sudah mewakili dari sebagian besar orang dan jika bisa 15 orang maka bisa mewakilli jawaban secara keseluruhan

Fokus ke purpose bukan profit




WHY
Berorientasi ke bisnis. Menjalankan usaha berkolaborasi dengan perusahaan lain yang bisnisnya ingin membesar melalui platform media digital yang terintegrasi

STAKE HOLDER
1.      Pemilik brand
2.      Pelaku bisnis

HAL-HAL POSITIF
1.      Materi uptodate
2.      Tim pengalaman
3.      Fleksibel dalam hal pekerjaan
4.      Ahli di semua produk digital
5.      Bisa dibuatkan iklan untuk usahanya

HAL-HAL NEGATIF
1.      Masih dikerjakan sendiri
2.      Tim sebagian besar masih outsource
3.      Portofolio belum banyak, masih mengandalkan portofolio tim yang lain

REFRAMING PROBLEM – HMW (HOW – MIGHT – WHAT)
HOW (Bagaimana solusinya)

MIGHT (Jalan dulu jangan takut salah)

WE (Fokus ke user, jalan bersama user)

NEW PROCESS
·         Users
·         Service (re) design
·         System development
·         Policy check
·         Feedback

URUTAN BIKIN IKLAN (PENAWARAN)
1.      User
Tentukan siapa pelanggan kita
2.      Discovery
Titik pertama orang mencari info, jangan terlalu berat dan detil informasinya
3.      Learning
Info lebih detil. Bisa dimasukkan ke wa, website, dll untuk diberi info secara personal
4.      Using
Titik dimana customer akan menggunakan

Semua brand harus punya cerita dan semua perusahaan harus mediable (mempunyai konten yang layak tampil di media dengan “membawa” sebuah cerita)

Bisnis masa kini harus memenuhi 3 hal
1.      Produk bagus
2.      Story bagus
3.      Speed eksekusi
4.      Distribusi
5.      Murah