Pekerjaan yang tak pernah selesai

Kata suhu fico, memasang adwords adalah langkah awal dan pekerjaan sebenarnya adalah sesudahnya

Memang betul, kalau hanya mencari kata kunci lalu memasang di google biar muncul di bagian atas di halaman 1 adalah soal mudah, tidak sesulit yang dibayangkan

Pekerjaan menjadi "sulit" jika harus membaca data-data yang tersaji lengkap di adwords

Soal bidding, jumlah click, impressi, quality score, landing page adalah beberapa bagian yang harus dicermati selain parameter lain seperti convertion, search term dll

Pada waktu saya memasang untuk http://prakom.com, saya bisa memasang unlimited karena hasil click sangatlah kecil jika dibandingkan barang yang terjual

Tetapi sewaktu saya pasang untuk boneka, keripik dan pesanan beberapa teman, saya tidak bisa memperlakukan seperti prakom karena marginnya sangat tipis sekali

Contoh, jumlah bid-nya adalah 100/click dan perbandingan click impresinya adalah 1 banding 10 maka budget yang dikeluarkan sebesar 1000

Jika marginnya sebesar 3000 maka itu sudah memakan hampir separoh keuntungan, belum lagi jika ditambah overhead lainnya seperti biaya telpon, atk, dll

Jika mempunyai produk seperti di atas maka harus selalu di evaluasi setiap saat sampai kita merasa yakin bahwa nilainya memang sebanding dengan biaya iklannya

Tetapi jika memang tidak menguntungkan maka langkah terbaik adalah memberhentikan sementara iklannya sambil dipelajari jalan keluar lainnya

Adwords bukanlah dewa, dia hanyalah sebuah tool yang lengkap agar kita bisa memenangkan persaingan di dunia internet

Tetapi secanggih-canggihnya adwords jika kitanya tidak menguasai betul maka adwords bisa menjadi senjata makan tuan, dia bisa "melukai" diri kita secara perlahan melalui billing kartu kredit

Banyak mencoba, banyak bertanya dan banyak melakukan kesalahan adalah kunci keberhasilan untuk memainkan Adwords


Salam sukses dunia akherat,