Pekerjaan yang tak pernah selesai
Kata suhu fico, memasang adwords adalah langkah awal dan pekerjaan sebenarnya adalah sesudahnya
Memang betul, kalau hanya mencari kata kunci lalu memasang di google biar muncul di bagian atas di halaman 1 adalah soal mudah, tidak sesulit yang dibayangkan
Pekerjaan menjadi "sulit" jika harus membaca data-data yang tersaji lengkap di adwords
Soal bidding, jumlah click, impressi, quality score, landing page adalah beberapa bagian yang harus dicermati selain parameter lain seperti convertion, search term dll
Pada waktu saya memasang untuk http://prakom.com, saya bisa memasang unlimited karena hasil click sangatlah kecil jika dibandingkan barang yang terjual
Tetapi sewaktu saya pasang untuk boneka, keripik dan pesanan beberapa teman, saya tidak bisa memperlakukan seperti prakom karena marginnya sangat tipis sekali
Contoh, jumlah bid-nya adalah 100/click dan perbandingan click impresinya adalah 1 banding 10 maka budget yang dikeluarkan sebesar 1000
Jika marginnya sebesar 3000 maka itu sudah memakan hampir separoh keuntungan, belum lagi jika ditambah overhead lainnya seperti biaya telpon, atk, dll
Jika mempunyai produk seperti di atas maka harus selalu di evaluasi setiap saat sampai kita merasa yakin bahwa nilainya memang sebanding dengan biaya iklannya
Tetapi jika memang tidak menguntungkan maka langkah terbaik adalah memberhentikan sementara iklannya sambil dipelajari jalan keluar lainnya
Adwords bukanlah dewa, dia hanyalah sebuah tool yang lengkap agar kita bisa memenangkan persaingan di dunia internet
Tetapi secanggih-canggihnya adwords jika kitanya tidak menguasai betul maka adwords bisa menjadi senjata makan tuan, dia bisa "melukai" diri kita secara perlahan melalui billing kartu kredit
Banyak mencoba, banyak bertanya dan banyak melakukan kesalahan adalah kunci keberhasilan untuk memainkan Adwords
Memang betul, kalau hanya mencari kata kunci lalu memasang di google biar muncul di bagian atas di halaman 1 adalah soal mudah, tidak sesulit yang dibayangkan
Pekerjaan menjadi "sulit" jika harus membaca data-data yang tersaji lengkap di adwords
Soal bidding, jumlah click, impressi, quality score, landing page adalah beberapa bagian yang harus dicermati selain parameter lain seperti convertion, search term dll
Pada waktu saya memasang untuk http://prakom.com, saya bisa memasang unlimited karena hasil click sangatlah kecil jika dibandingkan barang yang terjual
Tetapi sewaktu saya pasang untuk boneka, keripik dan pesanan beberapa teman, saya tidak bisa memperlakukan seperti prakom karena marginnya sangat tipis sekali
Contoh, jumlah bid-nya adalah 100/click dan perbandingan click impresinya adalah 1 banding 10 maka budget yang dikeluarkan sebesar 1000
Jika marginnya sebesar 3000 maka itu sudah memakan hampir separoh keuntungan, belum lagi jika ditambah overhead lainnya seperti biaya telpon, atk, dll
Jika mempunyai produk seperti di atas maka harus selalu di evaluasi setiap saat sampai kita merasa yakin bahwa nilainya memang sebanding dengan biaya iklannya
Tetapi jika memang tidak menguntungkan maka langkah terbaik adalah memberhentikan sementara iklannya sambil dipelajari jalan keluar lainnya
Adwords bukanlah dewa, dia hanyalah sebuah tool yang lengkap agar kita bisa memenangkan persaingan di dunia internet
Tetapi secanggih-canggihnya adwords jika kitanya tidak menguasai betul maka adwords bisa menjadi senjata makan tuan, dia bisa "melukai" diri kita secara perlahan melalui billing kartu kredit
Banyak mencoba, banyak bertanya dan banyak melakukan kesalahan adalah kunci keberhasilan untuk memainkan Adwords
Salam sukses dunia akherat,