Menggali lebih dalam

Dalam beberapa hari ini saya terlibat meeting dengan perusahaan jepang di daerah Delta Silicon Cikarang

Awal pertemuan dimulai dari permintaan mereka untuk pengadaan printer label agar labelnya bisa di tempel di kardus yang berjumlah ratusan ribu dalam beberapa gudang yang berukuran sangat besar di beberapa tempat

Sewaktu dia minta "hanya" printer label, saya curiga karena pasti ada sesuatu yang tidak bisa mereka ungkapkan

Akhirnya kita lalu set meeting untuk bicara lebih lanjut walaupun saat itu sayapun juga belum pasti kelanjutannya mau seperti apa

Di meeting pertama sudah kelihatan bahwa mereka ternyata tidak hanya membutuhkan sebuah printer label tetapi yang dibutuhkan adalah sebuah solusi

Dan kebutuhannya menjadi semakin lebih jelas setelah saya membawa principal untuk meeting lanjutan

Mereka (client) ternyata ingin setiap kegiatannya selalu terupdate di database dengan cepat dan saat ini mereka melakukannya secara manual, dicatat ulang

Ke depannya semua aktifitas di ASEAN akan dimulai dari sini, dari Cikarang

Akhirnya saya bisa menemukan sebuah nilai yang lebih besar dari sekedar menawarkan sebuah printer, saya berhasil menawarkan sebuah solusi terintegrasi yang bisa mempermudah pekerjaan mereka dalam waktu yang sangat cepat

Apa yang saya lakukan...
1. Mendengar, di pertemuan awal saya banyak mendengar karena memang saya tidak seberapa paham dengan yang mereka inginkan
2. Kolaborasi, saya ajak teman yang bekerja di principal yang mempunyai solusi yang hampir-hampir mirip untuk melakukan presentasi di hadapan client

Memang pekerjaan belum usai karena saya hanya bisa mendekati si influencer (pemberi pengaruh di perusahaan) sedangkan direkturnya (decision maker) sedang ke luar kota tetapi kita akan bertemu lagi minggu depan sambil men-demokan apa yang mereka inginkan

Dan ada kabar baiknya, bahwa mereka tidak akan mencari supplier lain karena solusi yang saya tawarkan sudah memenuhi kebutuhan mereka, tinggal menyamakan di system aplikasi mereka dan setting harga aja

Sekali lagi terbukti....., dengan bekerja sama saling support maka semuanya akan bisa mendapat keuntungan

Yang kuat menolong yang lemah dan yang ditolong tidak merasa di "lecehkan" karena memang sama-sama membutuhkan


Salam sukses dunia akherat,