Praktek Lean Startup
Salah satu cara untuk mem-validasi asumsi kita adalah dengan menggunakan trik observasi dan penawaran
Saya sudah mencoba 2 cara tadi di 2 bidang usaha yang berbeda, di bisnis B to B pakai http://prakom.com dan B to C pakai http://tahitiannoniasli.com
Dua-duanya mempunyai segment dan pendekatan yang berbeda
Di PRAKOM, saya sudah punya database yang cukup lengkap
Saya bisa tahu nilai rupiah belanja mereka per bulan, apa saja barang yang dibeli, bagaimana pendekatan ke mereka dan sebagainya
Dari ratusan data yang ada, saya gunakan hukum pareto, saya pilih sedikit saja tetapi dengan nilai belanja yang cukup besar dan rutin pengambilan dalam sekian periode
Merekalah yang menjadi kelinci percobaan dan saya gunakan 2 cara diatas untuk mem-validasi asumsi saya
Hasilnya bagaimana...??? Ternyata memang benar, saya harus berkali-kali melakukan perubahan sampai ketemu yang pas dengan kebutuhan klien dan pas juga dengan kemampuan saya
Jika sudah klop antara kebutuhan client dan kemampuan kita maka hasil selanjutnya adalah peningkatan omzet dan profit
Di produk herbal Tahitian Noni yang saya jual, pendekatannya berbeda
Di produk ini saya tidak punya database yang lengkap, semua hanya nama dan no tlp serta keluhan penyakitnya
Penyakit yang dikeluhkan adalah penyakit umum seperti demam berdarah, jantung, kanker, asam urat, stroke, dll
Tetapi masalahnya selama ini saya tahunya hanya berdasarkan pengalaman orang lain, bukan berdasar catatan medis
Dengan memegang data yang ada, saya cari informasi dari mana-mana, saya pelajari permasalahannya dan juga cara pengobatan menggunakan produk Morinda Tahitian Noni
Sambil pararel, saya coba kontak mereka satu persatu dan yang di sekitaran jakarta bekasi, saya usahakan datang untuk mem-validasi asumsi saya
Dan hasilnya bagaimana...?? Lagi-lagi asumsi saya salah bahkan yang di online-pun juga ikut-ikutan salah
Berdasar data yang ada, data offline dan online, akhirnya semua strategi dirubah dan iklan di adwords-pun ikut-ikutan dirubah
Dalam mem-validasi kedua bisnis di atas, saya selalu mengkombinasikan antara offline dan online
Saya harus tahu asalnya telepon masuk ini darimana
Saya harus bisa mendeteksi sumber keuntungan dalam minggu ini darimana
Saya harus bisa mengambil strategi lain berdasarkan apa
Dan itu semua bisa kita dapatkan jika kita selalu mem-validasi sumber pemasukan kita secara rutin, tidak perlu setiap hari tetapi harus secara kontinyu di jalankan
Pilihan ada di tangan kita, mau "capek" validasi di awal atau langsung bablas jalan aja sambil diperbaiki pelan-pelan
Terima kasih,
Salam sukses dunia akherat,
http://prakom.com
http://tahitiannoniasli.com
Saya sudah mencoba 2 cara tadi di 2 bidang usaha yang berbeda, di bisnis B to B pakai http://prakom.com dan B to C pakai http://tahitiannoniasli.com
Dua-duanya mempunyai segment dan pendekatan yang berbeda
Di PRAKOM, saya sudah punya database yang cukup lengkap
Saya bisa tahu nilai rupiah belanja mereka per bulan, apa saja barang yang dibeli, bagaimana pendekatan ke mereka dan sebagainya
Dari ratusan data yang ada, saya gunakan hukum pareto, saya pilih sedikit saja tetapi dengan nilai belanja yang cukup besar dan rutin pengambilan dalam sekian periode
Merekalah yang menjadi kelinci percobaan dan saya gunakan 2 cara diatas untuk mem-validasi asumsi saya
Hasilnya bagaimana...??? Ternyata memang benar, saya harus berkali-kali melakukan perubahan sampai ketemu yang pas dengan kebutuhan klien dan pas juga dengan kemampuan saya
Jika sudah klop antara kebutuhan client dan kemampuan kita maka hasil selanjutnya adalah peningkatan omzet dan profit
Di produk herbal Tahitian Noni yang saya jual, pendekatannya berbeda
Di produk ini saya tidak punya database yang lengkap, semua hanya nama dan no tlp serta keluhan penyakitnya
Penyakit yang dikeluhkan adalah penyakit umum seperti demam berdarah, jantung, kanker, asam urat, stroke, dll
Tetapi masalahnya selama ini saya tahunya hanya berdasarkan pengalaman orang lain, bukan berdasar catatan medis
Dengan memegang data yang ada, saya cari informasi dari mana-mana, saya pelajari permasalahannya dan juga cara pengobatan menggunakan produk Morinda Tahitian Noni
Sambil pararel, saya coba kontak mereka satu persatu dan yang di sekitaran jakarta bekasi, saya usahakan datang untuk mem-validasi asumsi saya
Dan hasilnya bagaimana...?? Lagi-lagi asumsi saya salah bahkan yang di online-pun juga ikut-ikutan salah
Berdasar data yang ada, data offline dan online, akhirnya semua strategi dirubah dan iklan di adwords-pun ikut-ikutan dirubah
Dalam mem-validasi kedua bisnis di atas, saya selalu mengkombinasikan antara offline dan online
Saya harus tahu asalnya telepon masuk ini darimana
Saya harus bisa mendeteksi sumber keuntungan dalam minggu ini darimana
Saya harus bisa mengambil strategi lain berdasarkan apa
Dan itu semua bisa kita dapatkan jika kita selalu mem-validasi sumber pemasukan kita secara rutin, tidak perlu setiap hari tetapi harus secara kontinyu di jalankan
Pilihan ada di tangan kita, mau "capek" validasi di awal atau langsung bablas jalan aja sambil diperbaiki pelan-pelan
Terima kasih,
Salam sukses dunia akherat,
http://prakom.com
http://tahitiannoniasli.com
Salam sukses dunia akherat,