Kata kunci GOOGLE

image



"Pak ada jual pita printronix p7000..?"

"Ada bu, butuh berapa banyak" kataku

Lalu terjadilah transaksi dan di sela-sela obrolan saya tanyakan

"Ibu tau telpon saya dari internet ya.? Ibu ketik apa di internet sampai tahu telpon saya.?" Tanyaku

"Saya ketik JUAL PITA PRINTRONIX P7000 MANGGA DUA dan muncul nama bapak"

"Pasti ini SEO" batinku

Berikutnya di lain waktu ada percakapan sejenis

"Pak disini jual printer printronix ya.?

"Iya pak, butuh yang seri berapa.?" Kataku

Lalu terjadilah transaksi dan di akhir transaksi saya tanya begini

"Bapak tau telpon saya dari internet ya, bapak ketik apa sampai tahu telpon saya.?"

"Saya ketik PRINTRONIX lalu muncul nama bp dan langsung saya telpon" katanya

"Pasti ini adwords" batinku dalam hati

Jadi.... Kata kunci atau keywords itu sangat penting sekali di dunia online

Untuk jualan kita bisa bikin web bagus, kita bisa nulis bagus tetapi jika tidak terdeteksi oleh Google maka akan "sia-sia" apa yang kita tulis kecuali kalau memang kita tidak niat jualan dan hanya sekedar melampiaskan hasrat menulis aja seperti artikel ini yang saya posting di http://rawiwahyudiono.wordpress.com

Web diatas tidak ada kata kunci dan saya tidak perduli kata kunci, yang penting hasrat menulis saya bisa tersalurkan titik

Tetapi untuk web jualan seperti PRAKOM http://prakom.com dan TAHITIAN NONI http://tahitiannoniasli.com selalu saya perhatikan kata kuncinya dan selalu saya riset secara serius yang bisa memakan waktu seharian hanya untuk kata kunci saja

Gunakan long tail keyword agar artikel/web kita bisa pejwan dan kembali lagi ya..... tidak bisa asal kalimat tetapi harus kalimat yang mengandung kata kunci

Tetapi ada kasus berbeda, web saya satunya PENDEKAR DIGITAL http://pendekardigital.com bisa nongol di goggle dan sudah ada calon client yang telpon tanpa perlu saya lakukan riset keyword yang serius, cukup main-mainan saja

Mau tahu rahasianya..??

Gampang, temukan semua kata kunci yang ada di 3 web saya diatas maka dari situ bisa dipelajari polanya dan aturan main google

Oh iya.... Bagi yang mau lebih serius belajar hal diatas, bisa daftar KMB yang akan saya tutup di akhir bulan ini dan akan mulai di bulan februari

Rawi wahyudiono