Spartan Race Philippine (sprint) 5K - Ozzy

Review dari Ozzy atlet Spartans Indonesia yang berhasil meraih podium 3 di Spartan Race Philippine (sprint) 5K
========================================================================
Review:
Spartan Race Philippine (sprint)
5K
Waktu : 38 manit
3rd Place age group 35-39

Catatan tentang latihan
Persiapan latihan kali ini lumayan singkat yaitu hanya 1 bulan padahal seminggu sebelumnya kita baru selesai race Semenyih, waktunya terlalu mepet untuk masuk ke peak performa lagi yang mana seharusnya ada jedahnya untuk menghindari hal2 yg tidak d inginkan

Persiapan yg lumayan drama sebelum memutuskan untuk daftar race PH ini karena dengkul samping kanan dan kiri bergantian sakit jadi gw harus yakinkan dulu ke physiotherapy kalau cidera gw nggak bakalan menganggu race

Singkat cerita cidera gw aman, lapor sama coach Rahmat dan staff bahwa gw bisa daftar dan akhirnya mempersiapkan latihan yg menunya lumayan padat dan untungnya tidak bentrok dengan kerjaan..


Catatan lomba
Spartan race Philippine (Sprint) ini emang lumayan deg2an buat gw karena dari awal sudah di kasih tau harus gaspol dari start, sementara gw type race yg konstant nggak pernah gas dari awal

Tanggal 3 mei kita sampai di PH dan langsung ke venue lihat track race nggak ada gunung2nya, datar doang dan gersang (deg2an pertama) di tambah lagi ketemu Sadaam Podiumnya Malaysia cerita kalau besok harus gas pol dari start, jangan sampai failed satupun obstacles krn pasti langsumg ketinggalan (deg2an ke-2) 🤣 banyak yang ikut yang larinya kencang (deg2an ke-3) .....

Tgl 4 hari H, seperti biasa pemanasan dan ready di garis start mencoba tenang tapi kurang tenang LOL! Akhirnya start di mulai dengan pace 4-5 di barisan terdepan sampai ke bucket, after bucket pace 5-5:30  dan masih di depan  dengan 1 malaysia 2 bule yang akhirnya sampai ke spear trow 2 bule harus burpees dan gw nggk liat lagi tuh yg dr Malaysia jadi akhirnya gw lari sendirian  sebenernya nafaspun udah 1 banding 1 (di pikiran gw cuma “klw loe berenti loe akan d lewatin org dan banyak yg pelari kencanng) yang akhirnya lari terus sampai k festival area .. dan ketidak tenanganpun muncul d multi rig dan akhirnya gagal di sana harus burpees 30(padahal ini bisa d bilang obstacle terakhir sblm finish)😢

Baru kali ini BIB headband gw langsung di ambil di foto dan gopronya langsung depan mata gw 🙈🔥,gw burpees secepat mungkin (inget tes waktu IS) hahahah...

Pas burpes ke-20 org Malaysia yg tadi start bareng teriak kenceng banget YESS!! Nah gw udah nggak berharap banyak kalau dapat waktu yg bagus...

Setelah burpees gw buru2 ke garis finish dan langsung cek ternyata gw ada di peringkat 4 (kecewa siih tapi mencoba untuk happy dengan pencapaian itu) tapi nggak lama kemudian yg podium 2 nyamperin gw bilang kalau mau bilang “podium 1 sepertinya curang krn waktunya yg nggk masuk d akal jadi saya harus laporin “

Gw nggak mau berharap banyak akhirnya pergi untuk mandi dan bersih-bersih sama anak-anak, setelah beberes cek lagi ternyata bener klw yg podium 1 udah nggak ada lagi namanya dan otomatis nama gw naik jadi podium 3. 😇


Catatan tentang performa sebelum race dan pas race : lumayan baik karena cidera lutut juga nggak kerasa lagi setelah di kasih latihan khusus sama physiotherapy

Performa race : So far Ok ,tapi kalau di tanya aman atau tidak amannya nggak tau karena emang HR-nya pasti tinggi banget, nggk ada jedah berhenti kecuali di obstacle, biasanya HRnya turun kalau ada tanjakan  .. failed 1 Obstacles (multi rig)

Catatan tentang Nutrition dan Rehidrasi termasuk salt dan elektrolit, jumlah dan timing nya
- 3 hari sebelum race udah banyakin karbo dan minum selalu 3 1/2 liter dalam sehari
- Bawa botol flash 500ml (jadi nggk pernah berenti d WS)

Catatan tentang Dynamic rest
Pace stabil dari start 4-5 sampai bucket, after buket 5-5:30 dan kembali di pace 4-6

Learning points
(Catatan penting yg perlu diingat)
- pengalaman yg sangat penting buat gw adalah ketenangan yg nggk stabil dr sblm race, bukan masalh org2nya  yg ikut d race sebenernya tapi lebih kejaaraknya yg pendek,lokasinya yg datar, yg mana emank andalan kita cuma bisa lari sekencang2nya..
(Persiapan super)
- perlu latihan ketahanan lebih
- perlu latihan pernafasan
- latihan lari di pasir,batu dan lumpur
- latihan nanjak dan tangga biar lebih ngebut
- cari sepatu ut jarak jauh,Inov8 ut super masih aman
- sebelum race jangan coba2 ut gerakan yang baru (olahraga baru)

What's next=
1. Super (Ipoh)
AROO!!

Terima kasih buat buat coach @Coach Rahmat ut waktu dan menu buat kita sehingga performa kita menjadi lebih baik ,terimakasih buat para staf IS yg selalu ada buat kita 🙏🏼🙏🏼 terimakasih buat coach Asep
Terimakasih buat IS family yg selalu suport setiap kita latihan race .. semoga kita semakin solid dan semakin menjadi yg terbaik!! Amiiiiin 😇😇
Catatan dari Coach Rahmat
Iya zy, ini pelajaran yg paling berharga krn race kali ini penanganan mental ozzy spt nya sangat berbeda dari race2 sebelumnya. Yg selama ini gw yakinin bahwa ozzy adalah yg paling tenang di IS dalam menghadapi race.

Gw rasa konsekuensi ngejalanin program di luar kebiasaan mempengaruhi confidence saat race, ditambah strategi lomba yg tdk terpeediksi dari sebelumnya dan ini pengaruhnya sangat besar.
Tapi paling tdk “insight” sdh didapat sbg learning points yg seharusnya akan lbh siap untuk berikutnya.

Nanti gw akan bicarakan bersama coach asep sebagai pelatih lari gmn mensiasati lomba yg tipikalnya seperti itu.

Tp over all. Sbg pelatih strength and conditioning gak ada masalah dengan speed/power/strength ozzy, masalahnya adalah di mental yg mempengaruhi mekanika gerak ozzy dan larinya ke efisiensi gerak nya saat di obstacle... itu saja.

So, mental kita kalo sdh berdiri sebaris dgn elite athelete lainnya, memang hrs bermental baja, tenang, tp juga agresif...

Memang sulit, sprt memadukan “air” dan “api”... tp akan bisa dikuasain dengan pengalaman dan jam terbang yg terarah.

You are still the best!! AROO 💪🏻💪🏻