Printronix Line Matrix Printer

Bagi yang membutuhkan printer yang bisa mencetak dalam jumlah banyak, Heavy duty, siap diajak kerja keras maka pilihan yang tepat adalah printer Line Matrix. Printronix adalah salah satu printer yang memakai teknologi ini. Jenis ini beda dengan dot matrix walaupun sama-sama menggunakan pita. Printer dot matrix (Epson, Dataproduct, Seiko Precision, Lexmark, dll) untuk menghitung kecepatan mencetak menggunakan CPI (Character per Inch) sedangkan Line Matrix Printer menggunakan Lpm (Line per Minute).

Tidak banyak merk dan type untuk Line Matrix Printer, yang terkenal adalah Printronix, IBM, Tally Genicom (dulu Mannesman Tally). Rata-rata typenya mulai dari 500 lpm, 600 lpm, 1000 lpm, 1200 lpm, 1500 lpm, 2000 lpm. Jadi misalkan yang kita pilih adalah kecepatan 500 lpm berarti printer ini sanggup mencetak 500 baris dalam 1 menitnya…. Bayangkan kalau untuk kecepatan diatasnya. Printer ini sanggup untuk mencetak puluhan Box kertas dalam satu kali cetak.

Tetapi printer Printronix atau Line Matrix Printer lain ada kelemahannya dibanding printer dot matrix yaitu listrik yang harus stabil dan grounding harus bagus maksimal 2 Volt yang direkomen walaupun sebetulnya 4 Volt juga bisa.

Dapatkan juga info menarik lainnya di http://www.prakom.com