PENGARUH PITA PRINTER KW PADA PRINTER



Berdasarkan pengalaman yang saya temui pada waktu di customer, banyak sekali keluhan pada printernya yang telah rusak yang diakibatkan oleh pita printer kw

Keluhan itu biasanya :
1. Pita tidak mau narik/muter
2. Hasil cetakan putus-putus
3. Pita kusut jadi sebentar-sebentar harus ditarik
4. Di lubang pita tempat gear tidak mau mutar jadi pita posisinya tetap

Penyebab dari itu semua biasanya karena kondisi pita yang kurang bagus yang biasanya disebabkan karena gear di dalam pita tidak mau mutar dan kalaupun mau mutar itupun kondisinya berat. Karena mutarnya berat jadi hal ini mempengaruhi pada mekanik di printer. Memang ada beberapa penyebab lainnya yang membutuhkan pengecekan lebih lanjut.

Printer yang saya sering saya temui yaitu Epson (LX, LQ), passbook (IBM, Olivetti, Wincord 4915), Lexmark, Panasonic, dll.

Setelah saya perhatikan, biasanya pita yang dipakai itu bukan yang original melainkan merk lain yang compatible. Saya tidak mengatakan merk compatible itu jelek tetapi itulah kenyataan yang sering saya hadapi. Untuk mengatasi hal ini biasanya saya sarankan untuk mengganti dengan pita yang lebih bagus (dicek lagi lebih teliti kondisi pitanya) atau memakai yang original.

Biasanya setelah itu customer saya bertanya apakah saya bisa pakai merk ini lagi (non original)…? Saya suka bingung jawabnya sebab pada kasus yang lain pita non original ini tidak menyebabkan kerusakan. Jadi jawaban saya biar tidak memihak biarpun posisi saya sebagai penjual saya selalu bilang KALAU MAU AMAN PAKAI SAJA YANG DI REKOMENDASIKAN PABRIK…… tetapi dalam kondisi seperti sekarang ini apakah bisa user kecil-kecil memakai yang original yang harganya mahal….? Sebagai contoh saja pita Epson LQ2180 orginal harganya Rp. 100.000 – 130.000 sedangkan yang compatible harganya bisa setengahnya.

Untuk info lainnya bisa lihat di Pradana Komputer