Delegasi

Di awal bulan juni ini saya sudah mulai berbagi pekerjaan dengan saudara di ciamis yang selama ini secara tidak langsung ikut membantu jualan boneka

Dia masih mahasiswa dan belum punya pengalaman tetapi yang saya lihat adalah semangatnya yang ingin mandiri dan pantang menyerah (setidaknya sampai saat ini)

Untuk masalah semangat karyawan ini saya pernah di tegur sama "guru" saya karena saya mengeluh orang kepercayaan saya yang tidak bisa bekerja setelah di beri tanggung jawab lebih besar padahal dia baru 4 bulan memegang jabatannya

"Guru" saya bilang bahwa karyawannya ada yang 3 tahun tidak berjualan tetapi beliau masih mempekerjakannya dengan alasan ada semangat yang besar di dalam tubuhnya

Dan hasilnya memang kelihatan, sekarang karyawan tersebut menjadi orang kepercayaan dan diberi tanggung jawab operasional perusahaan

Kembali ke cerita di atas, selain memberi kepercayaan untuk mengembangkan boneka di seputaran ciamis banjar dan tasikmalaya, saya juga merekrut seorang sales di bekasi untuk melakukan penjualan online

Untuk sales ini memang belum bisa dilihat semangatnya tetapi yang menjadi parameter saya adalah antusiasme-nya dalam menjawab pertanyaan, dia kelihatan bersemangat sambil tetap tersenyum

Tentu bukan hanya itu parameternya tetapi ada beberapa hal lain yang jadi pertimbangan seperti pengalaman kerja, tulisan tangan, lokasi rumah dll

Semua pekerjaan yang di delegasikan ini memang belum rapi benar systemnya dan bagi saya tidak masalah karena sambil jalan bisa dirapikan oleh karyawan baru ini

Idealnya sebagai bisnis owner harus berani mendelegasikan pekerjaan rutin kepada karyawan biar owner bisa memikirkan yang lebih strategis sambil melihat semuanya dari "atas"


Salam sukses dunia akherat,