Hanya Google dan Tuhan yang tahu

Artikel ini sekedar curhat saja berdasar apa yang telah saya lakukan tanpa bermaksud lain karena saya masih sangat-sangat awam dan minim pengalaman dengan segala macam istilah di internet

Di usaha saya yang berjualan server dan printer di http://prakom.com telah banyak menggunakan jasa pihak ketiga agar webnya bisa lebih populer di mata mesin pencarian seperti Google, Yahoo dll

Saya pernah utak-atik sendiri SEO dengan dibimbing oleh beberapa orang

Saya pernah juga menggunakan backlink dengan harapan website saya bisa nangkring di posisi halaman pertama

Dan semuanya memang terbukti ampuh, sangat ampuh dan banyak menghasilkan penjualan untuk bisnis server dan printer saya

Dilain waktu dari teman-teman saya sering dengar Google selalu merubah algoritmanya dan efeknya banyak website teman-teman yang langsung terpuruk terpental dari halaman 1

Saya nggak tahu apakah website saya kena pengaruh atau tidak karena saya tidak pernah ngecek

Melihat kejadian seperti itu berarti Google "sewenang-wenang" dan seenaknya sendiri main ngerubah tanpa perduli yang lain

Saat ini saya lagi main-main dengan Adwords yang sering saya dengar tetapi tidak pernah saya sentuh

Dengan sedikit diajarin dan dipasangkan Adwordsnya oleh teman, saya mulai coba utak-atik di http://prakom.com, website jualan saya

Dan ternyata cukup surprise buat saya yang katrok ini, dalam hitungan detik website saya langsung nongol di paling atas di setiap halaman pencarian (norak ya..., padahal kayak gini kan udah lama hehehe....)

Lalu saya rubah lagi dan tetep nongol di halaman pertama dengan memasukkan puluhan keywords

Saya lalu berasumsi bahwa ternyata inilah alasan kenapa Google selalu ngerubah algoritmanya

Karena kalau pakai SEO, Google tidak mendapat apa-apa sedangkan dengan Adwords, Google bisa mendapat uang dari situ, dapat uang dari pemasangan iklan

Bahkan teman saya bilang bahwa Google penghasilannya "hanya" Rp. 10juta..........., per detik dari iklan hehehehe

Google persis seperti valet parking, siapa yang berani bayar maka mobilnya akan diparkir dengan aman dan nyaman sedangkan yang reguler dipersilahkan muter-muter cari parkiran sendiri

Jadi kayaknya kalau 1 algoritma itu sudah ketebak sama para pemain maka dengan cepat Google langsung merubah lagi dan dengan cepat pula jurus-jurus yang sudah dikeluarin teman-teman jadi tumpul lagi

Berarti Google gak beda jauh dengan bajaj ya sebab segala perubahan hanya Google dan Tuhan yang tahu hehehehe.....

#SemogaSayaSalahTebak


Salam sukses dunia akherat,