5 tahun perjalanan

Tidak terasa bulan april besok itu adalah tahun ke 5 bisnis saya yang bernama PRAKOM.COM yang menjual printer dan server

Sampai detik ini saya merasa nyaman dengan kondisi saat ini, sangat berbeda dengan 5 tahun kebelakang di bisnis komputer saya yang sukses bubar di tahun ke 5

Kalau diingat-ingat perjalanan masa lalu jadinya lucu dan suka senyum-senyum sendiri

Tahun pertama saya harus fight berangkat dari titik minus untuk bisa bertahan hidup

Tahun yang penuh tantangan sekaligus menjadi pondasi awal bisnis saya selanjutnya

Di tahun ini nama bisnis saya adalah Pradana Komputer

Tahun kedua saya dalam posisi sudah mulai menemukan bentuk, saya mulai berani rekrut beberapa karyawan untuk membangun tim

Di tahun ke dua ini pula saya mulai memfokuskan diri berjualan segala macam printer dan alat perbankan

Dan di tahun kedua ini pula saya mulai lagi tergiur nikmatnya hutang perbankan tanpa memperdulikan cashflow yang ada

Tahun ketiga saya melebarkan sayap dengan membuka kantor perwakilan di beberapa kota sambil memperbesar mimpi yang ada dengan fokus yang masih sama yaitu menjual printer dan alat perbankan

Di tahun ketiga ini nama bisnis saya berubah menjadi PRAKOM

Di tahun ke tiga ini mulai terjadi kekacauan cashflow akibat salah perhitungan dan gagal fokus

Sangat banyak pelajaran yang didapat setelah berhasil melewati tahun ketiga ini

Tahun ke empat, di tahun ini pula saya merubah strategi bisnis

Beberapa karyawan yang tidak cocok dengan budaya perusahaan sudah mulai resign tetapi masih ada juga yang menjadi partner saya di bidang perbaikan printer

Fokus bisnis mulai saya rubah ke penjualan server dan printer dengan produk lebih spesifik dengan user yang lebih spesifik juga

Selain itu, software perbankan dan pergudangan (WMS) juga mulai saya perkenalkan ke beberapa client

Di awal tahun ke empat ini pula saya sudah bisa DEBT FREE dari bad debt dengan melakukan beberapa langkah radikal

Nama usaha berubah menjadi PRAKOM.COM yang sudah saya registrasikan gara-gara ada user dari china yang akan mengklaim nama PRAKOM

April 2013 adalah langkah awal di tahun ke lima dimana kata orang-orang apabila bisa melewati tahun ke lima maka langkah selanjutnya akan terasa lebih mudah

Menjalankan yang sudah ada sambil selalu terus melakukan perbaikan adalah langkah yang akan saya lakukan di tahun ke lima ini, tidak akan ada penambahan bisnis baru lagi dan kalaupun ada itu sifatnya masih satu lini seperti bisnis cargo ekspedisi yang saya rintis bersama teman-teman dan rencana bulan depan akan mulai berjalan

Main-mainan kecil sebagai investor mulai coba saya mainkan lagi di beberapa lini usaha yang berbeda

Semua langkah diatas bertujuan untuk menggapai mimpi mencapai total omzet 1M perbulan agar saya lebih leluasa untuk memperbesar bisnis serta lebih leluasa untuk membantu sesama

Semoga Tuhan meridhoi setiap langkah bisnis yang saya jalankan, amin


Salam sukses dunia akherat,