Menaikkan profit dengan bertanya
Dalam salah satu sesi KMB dipaparkan sebuah cara untuk menaikkan omzet dan profit dengan melibatkan semua karyawan atau beberapa karyawan inti untuk membahasnya
Cara yang dilakukan adalah kita sebagai leader utama di perusahaan harus banyak menggali semua kebutuhan karyawan dengan cara bertanya
Beberapa pertanyaan yang bisa disampaikan ada banyak tetapi ada pertanyaan mendasar yang harus mencakup beberapa hal sbb :
1. Kebutuhan mereka di masa depan
Ada karyawan yang butuhnya kendaraan baru, ingin umroh, ingin menaikkan haji orang tua dll
2. Cara menaikkan pendapatan atau gaji atau komisi mereka
Hal ini harus disampaikan dan biarkan mereka menyampaikan sendiri dengan cara mereka, kita sebagai leader hanya meluruskan saja
3. Punishment atau hukuman jika target tidak tercapai
Bentuk hukumannya-pun juga harus dari mereka sendiri yang menentukan
3 hal diatas adalah hal utama yang harus disampaikan selain beberapa hal lainnya
Yang harus diingat sebelum bertanya adalah kita juga harus mempunyai perhitungan sendiri agar jika terjadi dead lock atau jalan buntu dari satu pembahasan maka kita sudah ada solusinya
Kecenderungan dari kita sebagai leader/owner adalah memaksakan kehendak kepada karyawan yang menurut kita itu baik padahal sebetulnya itu bukan kebutuhan mereka
Contoh, kita mengajak mereka semua jalan-jalan berlibur dengan harapan mereka semua refreshing padahal mereka sebetulnya ingin minta "mentahnya" saja karena ada kebutuhan yang lebih mendesak bagi mereka
Cara bertanya ini harus dilatih setiap saat, harus dilatih setiap kali kita berkumpul dengan tim agar kita bisa mendapatkan informasi lebih banyak demi kemajuan perusahaan
Jika cara bertanya-nya sudah tepat maka jangan kaget jika karyawan kita akan minta kenaikan omzet berkali-kali lipat dan bersedia dengan sukarela menerima hukuman
Cara yang dilakukan adalah kita sebagai leader utama di perusahaan harus banyak menggali semua kebutuhan karyawan dengan cara bertanya
Beberapa pertanyaan yang bisa disampaikan ada banyak tetapi ada pertanyaan mendasar yang harus mencakup beberapa hal sbb :
1. Kebutuhan mereka di masa depan
Ada karyawan yang butuhnya kendaraan baru, ingin umroh, ingin menaikkan haji orang tua dll
2. Cara menaikkan pendapatan atau gaji atau komisi mereka
Hal ini harus disampaikan dan biarkan mereka menyampaikan sendiri dengan cara mereka, kita sebagai leader hanya meluruskan saja
3. Punishment atau hukuman jika target tidak tercapai
Bentuk hukumannya-pun juga harus dari mereka sendiri yang menentukan
3 hal diatas adalah hal utama yang harus disampaikan selain beberapa hal lainnya
Yang harus diingat sebelum bertanya adalah kita juga harus mempunyai perhitungan sendiri agar jika terjadi dead lock atau jalan buntu dari satu pembahasan maka kita sudah ada solusinya
Kecenderungan dari kita sebagai leader/owner adalah memaksakan kehendak kepada karyawan yang menurut kita itu baik padahal sebetulnya itu bukan kebutuhan mereka
Contoh, kita mengajak mereka semua jalan-jalan berlibur dengan harapan mereka semua refreshing padahal mereka sebetulnya ingin minta "mentahnya" saja karena ada kebutuhan yang lebih mendesak bagi mereka
Cara bertanya ini harus dilatih setiap saat, harus dilatih setiap kali kita berkumpul dengan tim agar kita bisa mendapatkan informasi lebih banyak demi kemajuan perusahaan
Jika cara bertanya-nya sudah tepat maka jangan kaget jika karyawan kita akan minta kenaikan omzet berkali-kali lipat dan bersedia dengan sukarela menerima hukuman
Salam sukses dunia akherat,