Cepat berdasar data dan fakta

Beberapa minggu yang lalu bahkan sampai saat ini kurs mata uang asing menguat dan rupiah melemah

Ditambah lagi rencana kenaikan BBM yang belum pasti walaupun saat ini sudah pasti harganya

Semuanya itu membuat harga-harga menjadi naik dan stok barang di pasaran menjadi hilang

Pusing....? Pasti
Bingung....? Jelas

Akhirnya semua blank nggak tau mau ngapain dan itulah yang saya alami

Duduk depan laptop sambil facebook-an lalu angkat telpon sana-sini hanya sekedar untuk ngobrol

Penjualan ada tetapi nilainya kecil, tidak signifikan karena pesanan beberapa unit printer harus di pending dan beberapa project harus di re-schedule

Entah darimana..., saya akhirnya ingat teknik GROW yang pernah saya dapatkan sewaktu KMB dan mulailah saya coba otak-atik kondisi saat ini

Saya tentukan dan membikin lebih CLEAR lagi tujuan bisnis PRAKOM

Saya bikin daftar beberapa kondisi riil yang saat ini dihadapi dan salah satunya adalah kurs USD yang tinggi dan stok barang yang kosong

Lalu saya buat beberapa pilihan untuk bisa dijalankan dan ternyata cukup surprise.....

Hampir 20 pilihan yang ada dan semua itu memungkinkan untuk dikerjakan saat ini

Dari banyak pilihan itu akhirnya saya pilih 3 saja yang bisa dikerjakan saat ini juga yaitu

1. Menghubungi partner dan client lama
2. Visit ke client-client lama
3. Memperbaiki iklan adwords

WOW...!!! Ternyata habis itu pikiran langsung terang karena ketemu solusi dan gairah mulai muncul lagi

Lalu setelah ke 3 solusi itu dijalankan apa akibatnya...???

Ternyata saya menemukan banyak peluang baru yang tidak jauh-jauh dari bisnis sekarang dan itu semua bisa langsung dijalankan karena saya sudah punya resourcesnya

Baru saja saya nonton The Apprentice Asia oleh Toni Fernandes (TF) dan ada yang bisa saya pelajari hari ini

Untuk mengambil sebuah keputusan maka harus berdasar data dan fakta yang ditunjang dengan antusias yang tinggi bukan sekedar emosi saja dan yang lebih penting adalah harus dilakukan dengan cepat

Hari ini saya salah tebak orang yang mau dipecat hanya gara-gara orang ini "baik" dan mengajukan data

Tetapi yang dilihat oleh TF adalah antusiasme peserta dalam mempertahankan argumentasinya dan tentu saja harus masuk akal berdasar fakta

Alhirnya jagoan saya harus dipecat gara-gara dia lambat mengambil keputusan

Hari ini fakta baru sudah di depan mata, BBM naik dan semua barang-barang naik tetapi hal ini lebih bagus karena lebih jelas solusinya

Saatnya melakukan kalkulasi ulang dengan kepala dingin dan mengeksekusi secepatnya biar bisa selangkah di depan lawan-lawan kita


Salam sukses dunia akherat,