Jaga Pace Di UI BNI Half Marathon

UI BNI Half Marathon tanggal 7 juli kemarin adalah race HM yang kesekian kalinya dan seperti biasa biarpun sudah berkali-kali ikut race, persiapan awal race tidak boleh diremehkan karena setiap race mempunyai keunikan sendiri

Di awal race saya pasang target mau lari di pace antara 6.15 - 6.30, ini sekitar 80% dari pace maksimum 5.15

Di awal lomba saya pilih dekat garis biar tidak terlalu banyak melewati orang dan setelah flag off, di mulailah petualangan

Km awal ini sangat menentukan untuk jarak-jarak berikutnya karena kalau di awal-awal kita tidak disiplin menjaga pace dan ikut cepat mengikuti pace orang lain maka dijamin sebelum 5K nafas sudah habis dan akan kedodoran di km selanjutnya padahal jarak masih jauh

Disini saya sesekali mengecek di garmin biar tidak terlalu cepat, maksimal harus pace 6.10 dan kalau kena pace 5, harus diturunin biar stabil sampai finish

Secara keseluruhan race HM ini tidak ada masalah dan di race ini saya belajar menjaga pace di 80%, menjaga emosi agar tidak naik sambil menikmati

Di beberapa WS (water station) saya cuma mampir sebentar saja karena ws-nya kali ini enak banget, air mineral dan isotoniknya dingin jadi pengin bisa brenti tapi syukurlah godaan itu bisa terlewati

Cukup ambil segelas, minum seteguk lalu lari lagi

Di race ini saya sengaja tidak makan setiap 1 jam, saya mau coba kalau di awal saya makam 1 gugell dan 1 roti, sampai dimana saya lapernya

Percobaan ini penting buat mengukur kondisi badan dan akhirnya di atas km 14 perut terasa lapar biarpun masih bisa lari

Biasanya kondisi seperti ini saya makan roti tawar 60 gram tapi karena gak ada, ya sudah di lariin aja sampai finish, di ganjel sama air putih biar lapernya hilang

Di km 18 ada kurma dan diambillah 3 pcs lalu dicoba makan sambil lari dan ternyata gak enak banget, nyantol di tenggorokan

Kurmanya beda dengan yang biasa saya makan, kurma ini bikin nyangkut dan mau gak mau harus brenti minum buat ngilangin seret dan akibatnya pace turun jadi 7

Pelajaran berharga banget ini soal makanan dan gak bisa dianggap remeh kalau pengin finish dengan nyaman dan sesuai target

Secara keseluruhan race UI BNI ini bagus dan tahun depan ingin ikutan lagi

Semua titik-titik masuk peserta di garap serius mulai dari gate selamat datang dekat jalan masuk stasiun, ws cukup air mineral dan isotonik, jalur naik turun bisa jadi kendala bagi yang tidak biasa tetapi masih cukup aman dan tidak terlalu terjal hanya saja banyak "tanjakan tipuan" yang naiknya dikit tetapi panjang


Catatannya mungkin di jersey peserta yang sepertinya ukurannya tidak standard biasanya, kelihatan 1 ukuran diatas

Jersey finisher cukup oke, elegan warna hitam dan enak dipakai

Dengan pendaftaran yang murah jika early bird atau harga komunitas maka tahun depan race ini layak diikuti sebagai sarana reunian sama temen-temen yang lain

Ini adalah pencapaian race HM dari pertama kali ikut race sampai terakhir kemarin UI BNI Half Marathon

1. Jogmar 21K, 22 april, 2:45, pace 7.44
2. Run foriver 22K, 8 okt, 2:43, pace 7.26
3. Bormar 21K, 24 nov, 2:38, pace 7.30
4. Mapag sahur bekasi 20.16K, 27 mei, 2:14, pace 6.40
5. UI BNI 21K, 7 juli, 2:14, pace 6.27

Salam se 🍆🍆🍆