Kalau mau naik kelas memang "agak" ribet

[caption id="attachment_868" align="alignleft" width="116" caption="System Operation Procedure"][/caption]

Saya suka heran kalau melihat ada orang yang masih kebingungan untuk mulai buka usaha padahal buka usaha itu sangat GAMPAAAANG BANGET. Sudah terlalu banyak saya tuliskan di blog pribadi maupun di situs-situs yang saya ikuti jadi untuk hal ini buat saya tidak perlu di bahas lagi.

Sekarang yang terpenting adalah bagaimana kelanjutannya setelah buka usaha..?? Ini yang lebih penting.

Dulu, di waktu pertama kali buka usaha, kita cukup bekerja sendiri saja, kita merangkap jadi administrasi, sekretaris, kurir, direktur dan office boy. Semua kerjaan bisa dirangkap dan enjoy.

Seiring dengan majunya bisnis maka akan bertambah juga permasalahan yang dihadapi tetapi biasanya permasalahan yang utama itu adalah di bidang penjualan dan pembukuan. Kita tinggal pilih di bidang mana dulu yang harus dikuatin.

Kalau saya pribadi, saya lebih memilih di bidang penjualan dulu dikuatin dan pembukuan menyusul tetapi itupun juga tidak lama, itungan saya cukup 3 bulan dari start awal harus sudah mulai rapi pencatatannya. Saya sendiri dari awal sudah menggunakan program aplikasi accounting untuk melakukan penghitungan biarpun saya kurang paham soal accounting.

Dari pengalaman mempunyai usaha sendiri yang sudah berjalan 5 tahun dengan lebih dari 10 karyawan dan beberapa asset, akhirnya semua harus hilang gara-gara sistim pembukuan yang amburadul. Timbul kecurigaan diantara partner yang pada awalnya mempunyai visi misi yang sama dan pada akhirnya harus berujung dengan perpecahan. Sangat disayangkan, hubungan persaudaraan harus pecah gara-gara sistem pembukuan yang kurang rapi.

Buat saya pribadi, untuk kelanggengan bisnis tidak semata-mata ditentukan 100% dari penjualan tetapi ditentukan juga oleh sistem pembukuan yang rapi. Kalau diprosentase sekitar 50% penjualan dan 50% pembukuan/accounting.

Selain penjualan dan accounting, ada hal lain lagi yang sangat vital di bisnis yaitu tentang SOP (System Operation Procedure). Sekecil apapun bisnis kita harus sudah ada SOP yang tertulis, kenapa..?? karena dengan SOP kita bisa mempunyai guidance untuk menjalankan bisnis dan juga mempermudah untuk mendelegasikan hal baru kepada karyawan.

"Ahhh..... gak usah pakai SOP, yang penting masih bisa jalan", biasanya hal ini yang dikatakan oleh mereka termasuk saya dulu, tetapi dengan berkembangnya usaha, dengan akan naik kelas-nya usaha kita, maka hal-hal seperti itu hukumnya WAJIB dijalankan.

Boleh percaya boleh tidak, boleh dijalankan boleh tidak, sebab bisnis tidak ada yang salah, semuanya benar dan semuanya tergantung kepada kita sebagai owner-nya.

Salam sukses dunia akherat,