Investorku yang juga penjaga rumahku

Saya pernah bahkan bisa dikatakan sering dapat pinjaman dana dari pihak ke 3 yang bukan bank

Dana itu biasanya berasal dari saudara yang mempercayakan uangnya untuk saya olah. Jumlahnya bervariasi, dari nilai jutaan sampai puluhan juta

Terakhir saya dapat pinjaman dari seorang kawan dekat yang asli betawi. Dia meminjamkan sejumlah uang dengan total sampai diatas 80juta hasil penjualan tanah

Sewaktu saya tanya kenapa mau meminjamkan uang segitu...?? Dia bilang kalau dia yakin uangnya tidak akan habis karena dia sudah mengikuti liku-liku perjalanan usaha saya ini sejak lama

Dia takut kalau uangnya dia yang megang maka dalam waktu tidak sampai sebulan uangnya sudah langsung habis

Syarat pengembalian yang dia berikan ke saya juga sangat menarik, dia bilang bahwa yang penting dia bisa dapat uang setiap bulannya dan jika jangka waktunya habis maka uangnya bisa ditarik kembali dalam jumlah yang sama

Orang ini adalah anak buahku yang tugasnya serabutan. Kadang dia harus betulin lampu, kadang harus nyuci mobil dan yang lebih sering adalah sebagai penjaga malam di rumah

Dia bukan orang kaya, dia orang susah yang memang bener-bener susah hidupnya bahkan dalam kondisi tertentu dia harus menahan lapar karena tidak ada yang harus dimasak

Jadi...., melihat kejadian diatas saya lalu mengambil kesimpulan bahwa kalau ingin membuat orang lain bisa berinvestasi di usaha kita maka performance kerja yang jadi penilaian utama. Harus kelihatan bagus secara nyata dan bukan hasil "gorengan"

Tidak perduli berapa banyak bank yang menolak permohonan kredit kita karena tidak adanya jaminan, masa bodoh dengan itu semua......

Jalan masih terbuka lebar, buka mata buka telinga sambil memperbaiki performance kerja dan Insya Allah suatu saat pasti ketemu jalan keluarnya....

Salam sukses dunia akherat,