Indahnya sakit

Sudah beberapa hari ini saya kurang enak badan dan akibatnya harus tidur seharian di rumah dengan meninggalkan email, FB, twitter, dll

Rasanya sangat tidak enak karena saya sudah terbiasa jalan kesana-kemari walaupun hanya sekedar menyapa teman tetapi masih untung karena usaha masih jalan karena sudah sejak lama saya menyiapkan agar usaha bisa berjalan sendiri

Dan selama sakit ada hikmah yang saya dapat yaitu saya jadi tahu ternyata ada salah satu celah dari salah satu divisi yang ternyata hanya saya sendiri yang bisa menjalankannya

"Celah" ini sebetulnya sepele tetapi akan jadi musibah jika salah satu orang tidak ada yang bisa menggantikan dan ternyata saya mengalami musibah itu

Selama ini saya anggap sudah biasa saja karena memang saya sudah jarang bersentuhan langsung dengan operasional baik itu yang bersifat teknis maupun back office

Perhatian buat pemilik bisnis lainnya, sebaiknya semua pekerjaan rutin harus sudah bisa didelegasikan ke para staff kantor

Hal ini membutuhkan jam terbang mengenai cara pendelagasian karena akan melibatkan banyak bagian/divisi seperti keuangan, administrasi, teknis, delivery, dll

Untuk mempercepat proses, cara terbaik adalah mencari mentor yang bisa memberi masukan secara detil