Jika musim sepi.....

Tak selamanya kita mengalami musim panen, suatu saat pasti ada musim paceklik atau musim sepi

Ada banyak cara untuk mensiasati agar pada waktu musim sepi kita masih bisa produktif dan beberapa cara berikut ini sudah pernah saya lakukan yang saya ambil berdasarkan dari pengalaman teman dan pengalaman pribadi

1. Kalau di lapak, saya selau merubah layout/tampilan lapak agar selalu kelihatan ramai. Biasanya saya gantung beberapa barang agar kelihatan dari jauh atau melepas promo model lama diganti dengan model baru

2. Untuk di kantor, saya selalu usahakan untuk menghubungi customer siapa saja yang sekiranya bisa dihubungi hanya sekedar untuk ngobrol. Biasanya setelah beberapa kali menghubungi seseorang pasti ada beberapa yang bisa nyangkut menjadi prospek atau malah repeat order

3. Jalan-jalan ke beberapa tempat dan biasanya saya lebih sering berkunjung ke toko/kantor teman hanya sekedar minta minum sambil ngobrol karena biasanya setelah itu pikiran bisa menjadi lebih fresh

4. Lebih dekat kepada Yang Maha Kuasa. Biasanya saya akan datang sebelum adzan berkumandang dan menghabiskan lebih banyak zikir setelah sholat. Kebetulan kantor dekat dengan mushola jadi lebih enak ngaturnya

5. Berpikir positif. Beberapa kali saya bikin status di socmed untuk memotivasi diri sendiri dan syukur-syukur yang lain juga ikut ketularan.
Beberapa kalimatnya sbb :

"Bersyukurlah jika dagangan sepi karena Tuhan memberi kesempatan kita untuk berpikir"

"Beruntunglah kalau sekarang sepi karena habis sepi pasti jadi ramai"

Yang penting....... sepi atau ramai toko harus tetap dibuka karena disitulah ujiannya bagi para pengusaha yang akan naik kelas


Salam sukses dunia akherat,