Produk boleh sama tetapi layanannya berbeda
Jika ingin memenangkan persaingan di dalam bisnis maka bisnis kita harus mempunyai ciri khusus yang bisa selalu diingat oleh pelanggan yang menjadi target market kita
Kita harus membangun sebuah pelayanan yang unik yang bisa menjadi kekuatan yang sulit untuk ditiru oleh kompetitor yang setiap saat selalu bermunculan
Ada 3 pilar kekuatan dalam membangun pelayanan, yaitu :
1. Niche
2. Knowledge
3. Experience
Niche
Niche atau sering disebut ceruk adalah sebuah ciri khusus yang menggambarkan bisnis kita yang berujung untuk melayani pelanggan dengan produk yang khusus
Jika bisnis kita bisa bermain dalam niche market yang tepat maka kita bisa dikenal sebagai pemain spesialis di bidang tersebut
Untuk bisa menemukan niche, bisa dimulai dengan menjawab pertanyaan berikut :
1. Siapakah yang membutuhkan layanan kita
2. Apakah masalah utama pelanggan
3. Solusi apa yang bisa kita berikan kepada pelanggan untuk menyelesaikan masalahnya
4. Apa hasil dramatis yang akan mereka peroleh ketika menggunakan jasa kita
Dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan diatas maka kita akan bisa menemukan niche yang tepat sesuai dengan kondisi bisnis kita
Knowledge
Knowledge adalah "pintu gerbang" untuk merubah prospek menjadi pelanggan kita, jadi peran knowledge disini sangat penting sekali
Contoh, seorang sales server komputer harus bisa menjelaskan secara detil spesifikasi unit yang dijual beserta kelebihan-kelebihannya dan juga pemilihan aplikasi/software pendukung yang bisa di "jalankan" di unit server tersebut
Knowledge ini sangat penting dikuasai oleh semua karyawan kita karena sering sekali dari hasil ngobrol-ngobrol santai, seorang calon pelanggan yang tidak punya rencana untuk membeli akhirnya menjadi beli produk kita karena tertarik dengan feature-feature yang ada setelah dijelaskan dengan detil oleh karyawan kita
Agar knowledge selalu terasah maka harus selalu dijalankan 2 hal berikut ini
1. Pelatihan secara terus menerus
2. Jam terbang yang selalu ditambah
Knowledge bisa dapat dari buku, seminar, workshop, diskusi, dll
Experience
Experience ini berhubungan dengan pengalaman yang diterima oleh pelanggan selama mereka menggunakan product kita
Jika experience yang di terima bisa memuaskan pelanggan maka pelanggan tersebut akan bisa sangat setia kepada kita bahkan bisa menjadi sales gratis bagi bisnis kita
Experience bisa dibangun melalui 4 hal
1. Pahami apa experience yang diharapkan oleh pelanggan
2. Lakukan riset dan buat skenario pengalaman pelanggan seperti yang akan diciptakan
3. Latih tim secara terus menerus agar dapat mendeliver pengalaman tadi
4. Buat faktor WOW..!! (Melampaui keinginan pelanggan)
Ketiga faktor diatas : Niche, Knowledge dan Experience harus dijalankan secara bersama-sama secara terus menerus dan selalu dikontrol setiap saat agar kelangsungan bisnis tidak terganggu
*disimpulkan dari hasil talkshow bersama pak @fauzyrachmanto di sindo radio bandung
Kita harus membangun sebuah pelayanan yang unik yang bisa menjadi kekuatan yang sulit untuk ditiru oleh kompetitor yang setiap saat selalu bermunculan
Ada 3 pilar kekuatan dalam membangun pelayanan, yaitu :
1. Niche
2. Knowledge
3. Experience
Niche
Niche atau sering disebut ceruk adalah sebuah ciri khusus yang menggambarkan bisnis kita yang berujung untuk melayani pelanggan dengan produk yang khusus
Jika bisnis kita bisa bermain dalam niche market yang tepat maka kita bisa dikenal sebagai pemain spesialis di bidang tersebut
Untuk bisa menemukan niche, bisa dimulai dengan menjawab pertanyaan berikut :
1. Siapakah yang membutuhkan layanan kita
2. Apakah masalah utama pelanggan
3. Solusi apa yang bisa kita berikan kepada pelanggan untuk menyelesaikan masalahnya
4. Apa hasil dramatis yang akan mereka peroleh ketika menggunakan jasa kita
Dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan diatas maka kita akan bisa menemukan niche yang tepat sesuai dengan kondisi bisnis kita
Knowledge
Knowledge adalah "pintu gerbang" untuk merubah prospek menjadi pelanggan kita, jadi peran knowledge disini sangat penting sekali
Contoh, seorang sales server komputer harus bisa menjelaskan secara detil spesifikasi unit yang dijual beserta kelebihan-kelebihannya dan juga pemilihan aplikasi/software pendukung yang bisa di "jalankan" di unit server tersebut
Knowledge ini sangat penting dikuasai oleh semua karyawan kita karena sering sekali dari hasil ngobrol-ngobrol santai, seorang calon pelanggan yang tidak punya rencana untuk membeli akhirnya menjadi beli produk kita karena tertarik dengan feature-feature yang ada setelah dijelaskan dengan detil oleh karyawan kita
Agar knowledge selalu terasah maka harus selalu dijalankan 2 hal berikut ini
1. Pelatihan secara terus menerus
2. Jam terbang yang selalu ditambah
Knowledge bisa dapat dari buku, seminar, workshop, diskusi, dll
Experience
Experience ini berhubungan dengan pengalaman yang diterima oleh pelanggan selama mereka menggunakan product kita
Jika experience yang di terima bisa memuaskan pelanggan maka pelanggan tersebut akan bisa sangat setia kepada kita bahkan bisa menjadi sales gratis bagi bisnis kita
Experience bisa dibangun melalui 4 hal
1. Pahami apa experience yang diharapkan oleh pelanggan
2. Lakukan riset dan buat skenario pengalaman pelanggan seperti yang akan diciptakan
3. Latih tim secara terus menerus agar dapat mendeliver pengalaman tadi
4. Buat faktor WOW..!! (Melampaui keinginan pelanggan)
Ketiga faktor diatas : Niche, Knowledge dan Experience harus dijalankan secara bersama-sama secara terus menerus dan selalu dikontrol setiap saat agar kelangsungan bisnis tidak terganggu
*disimpulkan dari hasil talkshow bersama pak @fauzyrachmanto di sindo radio bandung
Salam sukses dunia akherat,