Membeli masa depan

Membeli masa depan dengan harga sekarang....., kira-kira seperti itu kalimat yang ada di bukunya Anak Singkong Chairul Tanjung "CT"

Diceritakan kiprah CT dalam membangun bisnisnya yang banyak berorientasi ke masa depan seperti pembelian Carefour, media televisi, wahana bermain, dll

Hampir semua bisnisnya adalah bisnis yang mengarah kepada bisnis masa depan yang dibangun pada saat ini juga

Suatu saat saya teringat juga dengan apa yang telah saya lakukan di PRAKOM yang saat ini telah berubah menjadi penyedia segala macam printer beserta pita/tinta/toner dan termasuk jasa perbaikannya juga

Berdasarkan dari analisa yang diambil dari pengalaman berjualan produk printer sampai saat ini dan juga berdasar persaingan harga yang sangat kompetitif (kalau tidak mau dibilang banting-bantingan harga) maka untuk masa depan kebutuhan printer untuk mencetak di kantor akan semakin berkurang

Apalagi sudah banyak perusahaan besar yang sudah mulai mengurangi pemakain kertasnya (paperless) bahkan ada beberapa bank yang tidak menggunakan buku tabungan lagi untuk mencatat transaksinya

Membaca situasi seperti itu maka sudah bisa dipastikan bahwa masa depan printer tidak akan bisa berkembang dengan cepat, hanya mereka yang menguasai jalur distribusi yang luas sajalah yang masih bisa menangguk keuntungan yang cukup besar karena mereka ditunjang pembelian barang dalam jumlah yang cukup banyak dengan diskon yang sangat besar

Menyadari hal diatas dan juga terinspirasi dari kalimat "membeli masa depan dengan harga sekarang" maka saya langsung melakukan perubahan model bisnis dan memasukkan produk baru yang memang sudah saya kuasai sejak lama yaitu produk server

Sama seperti printer, saya masukkan beberapa merk server dengan salah satu keunggulannya adalah harganya bisa sangat-sangat bersaing dengan yang sudah ada di pasaran karena saya import langsung dari luar negeri

Hal diatas mengadopsi cara dari Bisnis Model Generation di kolom Value preposition yaitu memberikan nilai atas produk atau memberikan faktor WOW atas produk yang kita jual

Alasan memilih server dengan target market corporate adalah simpel saja yaitu karena semakin meningkatnya kelas menengah di Indonesia yang mengakibatkan beberapa pedagang harus menyesuaikan sistem komputerisasi di kantornya dan itu artinya mereka membutuhkan server yang lebih besar agar bisa melayani pelanggan dengan lebih baik

Saya sudah "membeli masa depan dengan harga sekarang" melalui cara berjualan server dan akan menyusul produk-produk turunannya juga demi mendapatkan market masa depan


Salam sukses dunia akherat,