Saatnya berubah

Sore tadi saya ngobrol-ngobrol sama pak annas dan pak saeful sambil nyicipi empal gentongnya yang pedes-pedes sedap

Obrolan mengenai target tahun 2013 yang belum tercapai maksimal dan target 2014 yang harus ditempuh dengan cara berbeda jika ingin mencapai double pendapatannya

Kutipan dari Einstein "hanya orang bodoh yang menginginkan hasil yang sama dengan melakukan cara yang sama" adalah sebuah kalimat sederhana yang dahsyat, gampang diucapkan tetapi sangat penuh perjuangan untuk mewujudkannya

Tahun 2014 adalah tahun politik dan bayangan ketidak pastian sudah di depan mata

Kurs dollar yang melejit mencapai 12.000 hanya dalam hitungan minggu menjadi mimpi buruk yang menjadi kenyataan

Per hari ini saja rupiah bertahan cukup lama di angka 12.005 berdasar klikbca maka yang seperti ini wajib diwaspadai, ada apa..?? Kenapa bisa bertahan lama dan sampai kapan..??

Di internal perusahaan kita, kita harus bisa melihat komposisi client kita, sudah aman atau belum jika suatu saat terjadi kejadian yang mengharuskan semua transaksi bisnis melambat

Contoh, jika pemain B to B, apakah sudah punya plan B jika seandainya pelanggan korporasi swasta tiba-tiba menutup bisnisnya karena situasi yang tidak kondusif sedangkan sebagian besar pelanggan kita adalah perusahaan swasta

Apakah pemain retail siap menghadapi menurunnya daya beli masyarakat walaupun di gembor-gemborkan bahwa Indonesia masyarakatnya sudah mencapai pendapatan USD 3000/tahun

Di Indonesia sebetulnya masih banyak yang bisa digarap walaupun kondisi benar-benar chaos dan inilah yang saya suka dengan Indonesia karena di sini sangat banyak ketidakpastian yang membikin bisnis semakin hidup hehehe.....

Untuk pebisnis B to B, memasuki bisnis di Goverment, BUMN, BUMD adalah salah satu cara agar bisa bertahan karena mereka semua masih mempunyai dana untuk operasional sebab kalau mereka tidak jalan maka pemerintahan bisa bener-bener tutup

Tetapi untuk bisa masuk dibutuhkan proses yang lama dan tidak bisa instan

Kita harus sering-sering "main" ke sana, harus ikuti tender berminggu-minggu, harus fleksibel mengikuti kemauan mereka, harus sabar menjalani proses birokrasi dan sebagainya

Di adwords-pun saya juga menemui sedikit perubahan yang berdampak lumayan besar di mata search engine

Iklan saya dulu masih muncul tetapi entah kenapa sewaktu di cek lagi jadi tidak muncul dan ternyata di Quality Score angkanya kecil

Ada beberapa iklan yang tidak muncul dan ini cukup membuat pusing karena setiap iklan harus di cek dan di test

Sebuah perubahan akan sangat "menyiksa" dan menyita waktu tetapi jika kita tidak berubah mengikuti zaman maka tiupan sangkakala kematian akan semakin kencang terdengar

Melakukan perubahan kecil selangkah di depan competitor adalah cara yang paling baik dibandingkan kita melakukan hal yang sama dengan apa yang kita lakukan saat ini dan berharap mendapatkan hasil yang sama


Salam sukses dunia akherat,