Evaluasi 2013

Salah satu hobi saya adalah membaca data terutama data keuangan

ICF OCF FCF menjadi sasaran "tembak" agar selalu seimbang selain memantau kegiatan rugi laba dan neraca

Menjaga ketat perputaran uang agar tidak "kering" menjadi rutinitas harian selain berjualan

Tahun 2013 bisnis IT saya mengalami growth sekitar 20% dibandingkan tahun 2012

Semua jelas terbaca di laporan keuangan walaupun ada beberapa bulan yang ternyata drop banget omzetnya

Kenaikan ini saya coba telusuri darimana sumbernya dan kenapa bisa tumbuh

Hasil temuan, saya melihat ada penambahan client baru dengan pembelian yang cukup lumayan selain repeat order dari client lama

Client baru ini "masuknya" melalui google adwords dan setelah di telusuri lagi menggunakan Analytics akhirnya ketahuan juga bahwa mereka bisa order karena mereka membaca salah artikel di web http://prakom.com

Website ini sudah beberapa kali mengalami perbaikan berdasarkan data dari Adwords dan Analytics

Di tahun 2013 ini ada beberapa bulan yang ngedrop sangat jauh penjualannya yaitu bulan puasa tetapi seharusnya tidak harus sampai sebegitu parah jika saja dari awal saya sudah mengantisipasi-nya

Kerjasama tim di tahun ini juga sudah mulai terbentuk kompak dan sangat berimbas kepada kenaikan omzet

Langkah selanjutnya adalah membentuk Buddy System agar operasional bisa tetap berjalan dan ini sudah masuk target di tahun 2014

Hal lain yang mempengaruhi kenaikan omzet adalah dengan banyaknya materi yang saya pelajari dan sekaligus saya praktekkan di dalam bisnis, action oriented istilahnya

Memperbesar pemasukan dan memperkecil pengeluaran akhirnya berimbas kepada menyusutnya jumlah tim dan biaya overhead tetapi bisa melonjakkan omzet dan profit secara maksimal

Ada yang "aneh" di tahun 2013 ini yaitu semenjak saya dilantik menjadi ketua TDA Bekasi 2013-2015, saya merasakan bisnis terasa bergerak naik walaupun kadang-kadang saya merasakan kesulitan membagi waktu antara TDA bisnis dan keluarga

Sejak awal saya sudah niatkan bekerja untuk kemajuan TDA karena TDA sudah banyak membantu saya dalam percepatan bisnis

Dan apa akibatnya....?? Tuhan tidak pernah dusta, jika kita membantu sesama maka pertolongan Tuhan akan datang dan nikmat Tuhan manakah yang kamu dustai..??

Sering silaturahmi antar sesama pengusaha ternyata bisa membuat percepatan bisnis juga, silaturahmi meperpanjang rejeki

Efek dari I'tikaf selama 10 hari terakhir di masjid juga menjadi salah satu cara yang manjur untuk mempercepat bisnis

Bercengkrama dengan Alquran, berkumpul dan sharing bersama teman-teman masjid, melakukan kegiatan-kegiatan ibadah dll menjadi sebuah kegiatan yang sangat merindukan

Menutup yang lama dan membuka yang baru juga saya lakukan di tahun ini

Menutup penjualan boneka dan membuka penjualan jus mengkudu Tahitian Noni http://tahitiannoniasli.com saya lakukan tahun ini untuk membantu istri berbisnis

Alhamdulillah...., 2013 semua mengalami peningkatan walaupun tidak sedikit hambatan yang harus dilalui

Tahun 2014 saya sudah pasang target dobel untuk PRAKOM dan untuk Tahitian Noni sedang di upayakan untuk meningkat lebih besar lagi

Kerja lebih keras sambil mendekatkan diri kepada Yang Maha Kuasa bisa menjadi kunci agar bisnis bisa cepat melejit dan selalu di ridhoi-NYA


Salam sukses dunia akherat,