Berani mengambil resiko

Siang tadi saya baca blog pak roni tentang yang seorang pemuda kantoran yang kehidupannya "datar-datar" saja tetapi dalam suatu kondisi dia harus dihadapkan kepada beberapa tantangan yang selama hidupnya belum pernah dijalani, dia mengalami petualangan seperti Indiana Jones

Saya teringat tahun 2013 kemarin, saya mengalami kondisi yang nyaman dalam berbisnis dan keluarga

BAD DEBT sudah lunas semua, di bisnis saya bisa saving lebih banyak, tim berjalan normal bisa menghasilkan lebih banyak penjualan dan saya bisa menjalankan aktifitas yang saya senangi, benar-benar hidup yang sangat nyaman

Sewaktu liburan seminggu keliling jawa tengah, bisnis juga masih bisa tercover oleh karyawan kantor tanpa perlu "sentuhan" saya lebih banyak

Tetapi entah kenapa, kenyamanan seperti itu malah membuat saya tidak nyaman, sangat tidak nyaman

Waktu itu dalam bisnis saya mengalami stack, berhenti berkreasi karena saya merasa tidak ada yang nguber-nguber seperti dulu sewaktu punya hutang

Memang hutang itu sangat bagus untuk memacu kreatifitas dan sekaligus bagus untuk semakin mendekatkan diri kepada Tuhan Sang Pencipta Alam

Dari dulu saya termasuk orang yang suka dengan sesuatu yang menantang

Kegiatan seperti mendaki gunung, nyemplung di laut (soalnya gak jago renang), wall climbing, jujitsu, karate menjadi "makanan" setiap hari, minimal dalam seminggu hanya 1 hari yang kosong

Main ke kota yang belum pernah dikunjungi sambil jalan-jalan keliling kota juga menjadi keasyikan tersendiri

Pernah saya bertiga tanpa pegang duit (karena emang gak punya duit) harus pulang dari ngawi ke surabaya dan harus naik di lokomotif biar dapat tumpangan murah sekaligus ikut makan jatah masinis

"Kucing-kucingan" dengan petugas kereta api agar bisa dapat tiket murah atau bahkan bisa gratis kalau naik bis malam

Semua kelakuan masa lalu ternyata beberapa kali terbawa sampai sekarang dalam bentuk yang berbeda walaupun kadang-kadang sering gak pernah pegang duit cash di dompet walaupun naik mobil

Saat ini di dalam bisnis dan khidupan saya sedang dalam posisi mengambil resiko yang cukup membuat keringat dingin

Piutang yang terpending sedangkan hutang supplier harus segera dibayar

Dana sebetulnya sudah ada tetapi saya "masukkan" semua ke property dengan harapan tagihan bisa cair sesuai jadwal seperti biasanya dan bagaimana hasilnya..?? MELESEEEET....!!!

Supplier mau dibayar pakai apa...??? Semua uang operasional harus berputar karena memang setiap hari selalu ada penjualan

Cashflow berantakan, supplier setiap hari bergantian "ngabsen" dan ditambah kurs dollar yang lagi seneng-senengnya diatas

Tetapi ternyata kondisi seperti ini membuat saya bergairah, benar-benar bergairah

Otak menjadi encer biarpun jantung berdebar lebih kencang

Air putih lebih banyak diminum dan kopi akhirnya harus diminum juga walaupun sudah dikurangi porsinya

Berdoa, puasa menjadi lebih khusyuk

Tapi gak apa-apa, hidup hanya sekali, sekali di dunia dan sekali di akherat jadi kita harus berani mengambil resiko

Asalkan itu halal dan tidak menyimpang dari ajaranNYA maka JUST DO IT

Setiap masalah selalu ada jalan keluarnya


Salam sukses dunia akherat,