Mengapa Saya Harus Berlari..??

7 oktober 2018 kemarin saya ikut race Runforiver di Depok UI kategori 21K.

Race Half marathon 21K ini adalah yang race road ke 2 setelah Jogja Marathon dan di Runforiver ini saya mencatatkan waktu terbaik 2.37 menit dibandingkan waktu di Jogja Marathon berdasarkan pencatatan di Strava

Melihat pencapaian ini saya sendiri juga heran, kok bisa ya padahal saya serius lari baru akhir-akhir ini aja, kalau dulu asal aja yang penting gerak

Sambil merenung saya berpikir apa yang membikin saya bisa sampai "disini", apa yang bisa membuat saya bisa terus bertahan dan semakin terus ada keinginan berkembang
Di awal-awal lari yang saya inginkan cuma 1 yaitu ingin punya badan ideal biar sehat, hanya itu saja tidak ada yang lain

Seiring berjalannya waktu, berat badan yang awalnya 88kg akhirnya secara perlahan bisa turun sampai sekarang di 72Kg dan sepertinya bertahan di berat ini saja sudah cukup

Lalu kalau keinginan sudah tercapai, mau apa lagi...?? Menjadi tidak menarik kalau cita-cita sudah terwujud

Lari yang awalnya saya ikuti hanya di jalan aspal mulai kategori 5K 10K 21K sampai 42K di Bali Marathon yang semuanya bisa diselesaikan dengan baik, lama-lama membikin bosan juga karena jalanan aspal ya gitu-gitu aja pemandangannya dan tiap kali latihan saya juga di jalan aspal
Akhirnya kenallah dengan yang namanya lari trail yang sangat cocok sekali dengan hobi hiking ke gunung

Mulailah pencarian cara berlari di gunung yang akhirnya di pertemukan dengan coach Rahmat yang memberikan materi bukan hanya berlari tetapi juga banyak gerakan-gerakan strength, mobility, flexibility, pernafasan, calistenics dll yang sangat-sangat berguna sebagai modal lari di gunung

Dan akhirnya pilihan beberapa race kedepan adalah race trail di beberapa gunung di Indonesia

Kembali lagi, kenapa ya saya sampai mau melakukan ini..?? Kenapa kok hasrat berlari begitu besar..?? Kenapa yang awalnya hanya sekadar ingin sehat kok menjadi keterusan daki-daki gunung..??

Saya ingat pertanyaan mentor saya, pak Teguh owner Hydro Water yang selalu menanyakan BIG WHY mengapa saya harus berlari

Pertanyaan spontan dengan jawaban spontan akhirnya bisa menjadi jawaban bahwa sebetulnya ini semua untuk memenuhi hasrat mencari tantangan lebih besar agar bisa mendapatkan sensasi yang berbeda dan kalau saya sudah mencapai keinginan terbesar saya maka bisa jadi akan "berhenti" dan mencari tantangan yang lebih besar lagi

Saya ingat dulu, duluuuuu sekali sewaktu bisa lari 5K selama 1 jam dengan nafas ngos-ngosan tetapi sekarang 5K sudah jadi "makanan" rutin dan tidak perlu sampai sejam

Begitu juga HM 21K, saya hampir tiap weekend lari sejauh itu atau minimal 2 jam, jadi jarak 21K bukan hal yang aneh lagi buat saya

Setelah saya banding-bandingin dengan cara saya berbisnis ternyata emang bener, hal yang menantang, beresiko yang orang lain perlu mikir melakukannya, saya pasti lakukan dan  saya tidak terlalu suka dengan bisnis kerumunan karena sensasinya kurang hehehehe.....

Buat temen-temen, temukan alasan terbesar kenapa kita harus berlari, kenapa kita harus olahraga, kenapa kita harus bergerak dan jika sudah ketemu, lakukan secara rutin selama 30 hari, Insya Allah berikutnya akan menjadi kebiasaan yang bisa merubah hidup kita

Salam Setroong...