Pemenang Diplomat Succes Challenge dapat Rp. 500.000.000

[caption id="attachment_1451" align="alignleft" width="300" caption="saling mengkritik dan mempertahankan argumennya harus dilalui oleh ke 3 finalis ini"][/caption]

Acara Diplomat Succes Challenge (DSC) telah berakhir yang akhirnya dimenangkan oleh mas Yuri Pratama yang membawakan ide untuk membudidayakan petani Indonesia melalui produk laut, bulu babi.

Acara ini dimulai beberapa bulan yang lalu. Menurut informasi yang saya dapat, pendaftar ada sekitar 800 orang dan mereka semua harus melalui beberapa test wawancara dan praktek secara berlapis-lapis dan akhirnya terpilih-lah 3 orang finalis yang maju di acara malam itu.

Acara berlangsung mirip seperti The Apprentice yang pernah disiarkan di salah satu TV swasta.

2 finalis lainnya membawa ide yaitu memanfaatkan pohon nyamplungan sebagai bahan bakar alternatif dan 1 lagi membawakan sebuah konsep bisnis online yang kurang lebih sistemnya seperti penggabungan antara Kaskus dan Ebay.

Ide yang dibawakan oleh para finalis sangat "liar" dan masa depan oriented biarpun untuk saat ini masih sangat-sangat sulit untuk dijalankan karena ada beberapa kendala teknis maupun non teknis.

[caption id="attachment_1452" align="aligncenter" width="300" caption="urut ki-ka : energi alternatif dari pohon nyamplungan, budidaya hasil laut bulu babi, bisnis onlen perpaduan kaskus dan Ebay"][/caption]

Para finalis DSC sebelumnya harus melalui tahapan praktek berjualan yang dilakukan di 3 kota yaitu surabaya, semarang dan jakarta.

Sebagi contoh, di jakarta mereka harus menjual beras organik dalam waktu tertentu di daerah perumahan elite pondok indah. Cara berjualannya harus dengan cara door to door.

Bisa membayangkan kan bagaimana ribetnya mengetuk sebuah rumah dengan pintu tinggi besar dan tertutup di waktu cuaca hujan.......

Begitu juga di kota lain, mereka harus menjadi "gila" demi memenuhi target penjualan yang telah ditetapkan.

[caption id="attachment_1453" align="alignleft" width="300" caption="para juri Diplomat Success Challenge"][/caption]

Tetapi dari itu semua banyak sekali pelajaran yang bisa diambil terutama soal semangat wirausaha dan kerjasama.

Selamat kepada para finalis dan kepada mas yuri yang berhasil membawa pulang Rp. 500.000.000 sebagai modal usaha.

Salam sukses dunia akherat,