Survival

Istilah survival banyak digunakan untuk petualangan di alam bebas yang artinya bertahan hidup dengan memanfaatkan segala yang ada di sekitar

Survival biasanya dilakukan selama berhari-hari di dalam hutan dalam perjalanan menuju suatu titik tertentu

Bekal yang dibawa biasanya hanya sebilah pisau/parang dan gula merah/garam

Jika seseorang sudah terlatih ber-survival maka bisa dipastikan dia akan bisa "hidup" dimana saja dalam kondisi seadanya

Saat ini saya melihat banyak bisnis teman-teman yang sedang dalam kesulitan untuk berkembang atau bahkan kesulitan untuk memenuhi hidup sehari-hari

Setelah di telusuri lebih jauh ternyata rata-rata bisnisnya masih hitungan dibawah 3 tahun atau mereka rata-rata masih dalam masa-masa bertahan hidup

Jika kondisi saat ini mereka mau menganggap itu sebagai latihan dan tetap fokus kepada satu titik tujuan berbisnis maka rintangan apapun akan bisa terlewati dengan enak

Usaha saya PRAKOM yang awalnya melayani penjualan pita, printer ke beberapa perbankan dan perusahaan swasta/pemerintah akhirnya harus merubah model bisnisnya dan menambah 1 produk lagi yaitu berjualan server IBM HP Dell dll

Jauh sebelum itu saya juga pernah membuka beberapa toko komputer di beberapa kota dan saat ini saya sedang melakukannya juga dengan cara yang berbeda

Jika saja saya tidak fokus ke satu titik, fokus ke tujuan saya berbisnis maka bisa dipastikan PRAKOM akan saya "matikan" sejak awal

Dalam bertahan hidup saya harus menggunakan semua resource yang ada agar tujuan saya berbisnis bisa tercapai

Seperti kata Yuswohadi bahwa sekarang ini jaman berubah dengan cepat dan hanya mereka yang tidak "ngantukan" yang akan bisa menjawab tantangan jaman

Menyadari situasi kita saat ini dan segera melakukan perubahan dengan cepat adalah cara yang terbaik dalam melakukan survival


Salam sukses dunia akherat,