Cara Menaikkan Omzet Dan Profit

Sudah beberapa bulan ini ada beberapa produk saya yang mengalami penurunan penjualan, rasanya aneh banget kenapa kok jadi gak ada yang telpon tanya produk ini

Biasanya kalau dalam kondisi seperti ini, saya lakukan evaluasi berikut

  1. Cek posisi di google untuk keyword tersebut

  2. Cek kekuatan web di google, masih cukup bagus atau harus ada beberapa adjustment

  3. Cek traffik yang ada, apakah sudah benar mengarah ke web kita atau malah hilang


Cara diatas saya kombinasikan dengan data yang masuk dari CS mengenai pertanyaan produk yang ada, berapa orang tanya dalam sehari, ada banyak atau gak ada sama sekali

Selain itu, saya cross cek juga ke beberapa pemain sejenis, saya tanya gimana penjualan produk ini, apakah mereka mengalami kondisi yang sama atau beda

Kalaiu mau tanya tentu juga gak bisa to the point, harus pakai cara ngobrol ngalur ngidul dulu sambil sesekali disisipin pertanyaannya

Poin yang paling penting lagi adalah soal harga

Karena jika semua web kita dalam kondisi bagus tetapi harga kita masih kalah di pasaran maka sudah pasti orang gak bakalan beli

Ini sama ceritanya dengan kita punya toko fisik. Jika kunjungan perhari banyak tetapi harga gak masuk maka tetap mereka akan pindah toko sebelah apalagi kalau kita buka tokonya di lingkungan pedagang sejenis, sudah pasti wassalam dah produk kita

Kalau secara offline agak berat mau narik calon pembeli balik ke toko kita karena sudah pasti mereka kapok dan kalaupun mereka mau balik pasti dalam rangka iseng-iseng mau bandingin harga dulu

Tetapi jika online, cara diatas jadi mudah asal tahu caranya.....

Caranya bisa pakai 2 cara

  1. Pakai iklan berbayar (Adwords, FB Ads, IG ads, dll yang berbayar)

  2. Pakai cara organik (SEO)


Masing-masing punya kelebihan kekurangan tergantung dari tujuan dan semua sama-sama baik asal digunakan dengan benar

Naaah.... menyambung kondisi penjualan produk saya yang lagi sepi, saya lakukan beberapa cara diatas sambil melakukan perubahan seperlunya di dalam web dan juga melakukan perubahan harga biar sekalian aja tarungnya di harga

Saya yakin, kalau produk saya bisa mendominasi seperti yang pernah saya tuliskan disini maka berikutnya tinggal bagus-bagusan harga aja biar mereka tertarik dan kalau lawan sudah kalah maka berikutnya kita bisa enak atur harganya