HAMPIR KENA PENIPUAN LEWAT TELEGRAM


Tadi pagi sewaktu melakukan aktifitas rutin, tiba-tiba ada chat masuk ke WA yang memberi info kalau dia mengaku dari Departemen SDM Shopee dengan nomor depan +60 11 3625 0390, nomor dari Malaysia dan dari sini saja sudah aneh, apa urusannya Shopee menghubungi, tapi karena rasa penasaran maka dilanjut saja sambil pengin tahu seperti apa hasil akhirnya, biar sekalian tahu polanya

Saya ikuti saja maunya sambil tetap hati-hati. Saya disuruh click wa dan tidak langsung saya click tapi saya copy dan buka menggunakan browser dan memang benar diarahkan ke nomor WA yang lain +620838 9725 5039 dengan foto profil gadis manis berjilbab yang berlagak seperti customer service

Saya lakukan percakapan seperti lampiran di screenshot berikut sampai akhirnya saya disuruh click link untuk menuju ke telegram yang kelihatannya aneh, kenapa...?? karena kalau memang niat, mereka tinggal invite saja nomorku dan tidak perlu saya harus click link

Saya berhenti chat beberapa jam sambil nunggu responnya dia seperti apa dan ternyata sampai malam tidak ada respon apa-apa

 


Penasaran saya googling dengan keyword penipuan telegram dan ternyata polanya mirip, ujung-ujungnya kita di arahkan masuk ke telegram dan jika ada nomor yang muncul, kita diminta kasih tahu mereka dan jika ini kita lakukan maka secara langsung semua data kita akan bisa terbaca sama mereka

Googling aja menggunakan keyword penipuan telegram, nanti akan muncul beberapa trik yang bisa terbaca polanya dan jangan sekali-sekali mengikuti apa yang mereka lakukan karena bisa fatal akibatnya

Beberapa keyword yang saya temukan dengan menggunakan kata dasar penipuan telegram
  • penipuan telegram lewat wa
  • penipuan telegram via whatsapp
  • penipuan telegram shopee
  • penipuan telegram melalui whatsapp
  • penipuan pulsa lewat telegram
  • penipuan investasi lewat telegram
  • penipuan lewat kode telegram
  • penipuan pulsa lewat telegram
  • penipuan investasi lewat telegram
Dan masih banyak lagi, yang penting dari beberapa keyword diatas sudah bisa jadi acuan awal langkah apa yang bisa lakukan dalam menghadapi rencana penipuan lewat telegram

Harus berpikir berkali-kali sebelum me-click sesuatu. Foto profil dari orang yang mengaku dari Departemen SDM Shopee itu fotonya gelap dan kalau di click fotonya, terlihat foto orang dalam cahaya gelap, sangat aneh untuk profil dari sebuah perusahaan besar

Sebuah perusahaan profesional pasti melakukan hal-hal yang profesional apalagi untuk perkenalan awal, pasti mereka tidak main-main karena pandangan pertama itu penting sebelum dilanjut closing

Semoga saja habis ini semuanya aman-aman saja karena yang namanya pencuri pasti lebih canggih, selalu 1-2 langkah di depan

Salam YPC