SEBAR BROSUR YANG EFEKTIF PAKAI APA.?

Pertanyaan klasik dari dulu sampai sekarang yang selalu ditanyakan adalah sebar brosur yang efektif pakai apa..?? Pertanyaannya simple tetapi untuk menjawabnya harus dilihat dari banyak sisi

Brosur yang sering kita lihat adalah bentuk kertas ukuran A5 atau A4 yang di bagi-bagikan ke setiap orang yang sekiranya mereka bisa mampir memngunjungi toko atau mereka berpotensi untuk membeli

Selain itu lokasi menyebar brosur juga harus diperhatikan, jangan sampai salah sasaran, misal menyebarkan brosur rumah seharga > 1Milyar di sekitar area pasar becek dan brosurnya menggunakan kertas HVS A5 dengan design ala kadarnya. Potensinya kecil untuk bisa meyakinkan pembeli

Saat ini di era digital, cara menyebar brosur juga sama secara konsep tetapi yang membedakan adalah medianya. Kalau dulu menggunakan kertas yang harus di cetak bagus tetapi sekarang cukup menggunakan landing page atau memanfaatkan channel-channel penjualan yang ada, yang sesuai dengan bisnisnya

Misal kalau perumahan bisa masuk ke rumah, rumah123, lamudi, olx, tokopedia, shopee dll, Sesuaikan dengan target market

Selain memanfaatkan channel diatas, yang tidak kalah penting adalah memanfaatkan website bisnis sebagai brosur karena dengan web bisnis, kita bisa memasukkan semua konten yang ada tanpa dibatasi peraturan yang dibikin oleh pihak ke 3

Setelah landing page atau materi iklan kita sudah jadi dan sudah tayang di internet maka langkah selanjutnya adalah menyebarkan ke target market yang cocok dan pekerjaan ini termasuk bagian yang "melelahkan" karena harus selalu test ukur dan jika perlu harus merubah materi brosur

Di dunia online, menyebarkan informasi atau meninggalkan informasi bisa dengan cara menempelkan link web kita ke website yang mempunyai otoritas tinggi seperti Youtube, Tokopedia, Detik, Kompas dll. Website yang mempunyai nama besar selalu mempunyai otoritas tinggi yang artinya website ini lebih dihargai oleh Google dan website kita harus "menumpang" ke website mereka

Ada 2 cara untuk "menumpang", yaitu

  1. Bayar iklan
  2. Organik
Kalau mau bayar tinggal kontak yang punya website, jika harga sepakat maka iklan bisa langsung tayang tetapi jika tidak ada dana maka harus secara organik, istilahnya menggunakan cara SEO dengan menempelkan backlink ke web mereka

Yang no 2 lumayan juga pekerjaannya tetapi jika sudah tahu clue-nya, maka pekerjaan akan kelihatan lebih mudah walaupun tetap dibutuhkan daya tahan untuk pekerjaannya

Jadi urutan pekerjaan untuk memperkenalkan produk kita di online
  1. Bikin design
  2. Tentukan media penyebaran yang digunakan
  3. Sebar informasi melalui channel yang telah dipilih
  4. Bayar jika ada dana atau gunakan gunakan cara backlink untuk organik
Semua ada cara diatas bisa efektif jika tepat dalam setting dan penggunaannya