Oleh-olehnya beda antara komunitas Blogger dan komunitas bisnis

[caption id="attachment_567" align="alignleft" width="300" caption="Oleh-oleh seperti ini sering didapat sewaktu acara TDA"]Oleh-oleh seperti ini sering didapat sewaktu acara TDA[/caption]

Saya ikut beberapa komunitas dengan mempunyai ciri masing-masing dan mindset yang  berbeda. Untuk komunitas bisnis saya tergabung di Tangan Di Atas (TDA), komunitas blog ada di Blogger Bekasi, Komunitas bisnis Property Plus, Komunitas Cimart Cikarang, perkumpulan di kampung dan beberapa perkumpulan non formal lainnya.

Dari semua komunitas itu ada hal yang berbeda dan menarik perhatian buat saya yaitu soal oleh-oleh sehabis ikutan acara komunitas atau kopdar.

Oleh-oleh yang sering saya dapatkan kalau ikutan acara komunitas TDA seperti launcing warung baru, launching toko baru atau sekedar kumpul-kumpul biasanya berupa produk dari mereka yang biasanya berupa makanan, voucher diskon dan juga yang lebih sering adalah saling bersinergi untuk membuat usaha baru.

Sangat berbeda dengan oleh-oleh yang saya dapat jika ikutan kopdar blogger atau yang lainnya. Lebih sering saya dapat bermacam-macam buku dengan judul yang beragam. Bukunya bagus-bagus dan jika ikutan acaranya Kompasiana biasanya ditambah dengan majalah National Geographic, traveller, commando atau buku-buku terbitan KOMPAS Group lainnya.

[caption id="attachment_568" align="alignleft" width="300" caption="Sebagian oleh-oleh yang didapat pada waktu acara Blogger"]IMG00822[/caption]

Manakah yang lebih baik, dapat buku atau dapat peluang usaha..?? Bagi saya semuanya sama bagusnya. Dengan membaca buku maka kita jadi lebih paham, lebih mengerti berdasarkan teori dan nantinya bisa digunakan sebagai pedoman untuk melakukan action.

Salam sukses dunia akherat,