Belum seminggu omzet bisa dapet 100.000/hari

[caption id="attachment_1185" align="alignleft" width="300" caption="ruangan kosong dalam sehari disulap jadi kantin "][/caption]

Setelah beberapa hari kemarin siswa SMK Karya Mandiri di beri tugas untuk meng-setup ruangan kosong menjadi kantin, akhirnya pada tanggal 23-Juli-2010 mulai beroperasional kantin di komplek sekolah SMK Karya Mandiri Bekasi yang diberi nama Kantin Ceria seperti cerita salah satu kelompok SMK ini.

Suka duka mulai dari survey sampai pendirian kantin diceritakan juga oleh kelompok lain yang bernama Jalan Keberhasilan seperti postingan ini.

Sampai saat ini rencana pembuatan kantin sudah selesai dan langkah berikutnya adalah bagaimana membuat kantin ini ramai, ramai pengunjung dan ramai omzet.

Banyak kebingungan yang terjadi sewaktu diadakan evaluasi dan hampir semua siswa tidak tahu harus darimana memulai kantin biar menjadi ramai.

[caption id="attachment_1186" align="alignleft" width="300" caption="isi belum lengkap semua karena yang ditekankan disini adalah kemampuan untuk memulai usaha dan menggulung modal"][/caption]

Permasalahan ini umum terjadi bagi mereka yang belum terlalu berpengalaman di bidang retail dan penjualan tetapi saya yakin, seiring dengan berjalannya waktu maka siswa-siswa SMK ini akan menemukan pola penjualannya sendiri.

Ada satu hal yang menarik seiring berjalannya progress pembuatan kantin ini yaitu dengan semakin meningkatnya kemampuan siswa untuk bermain internet dan berkirim email.

Kemampuan ini muncul karena saya paksa mereka untuk mengirim laporannya dalam bentuk email dan masing-masing mereka harus meng-ADD ke akun facebook saya.

[caption id="attachment_1187" align="alignleft" width="300" caption="cara belajar tidak harus di kelas, di setiap tempat adalah tempat belajar"][/caption]

Woooww.... hanya dalam waktu kurang dari 10 hari para siswa SMK Karya Mandiri sudah bisa membuka usaha dan sudah mulai belajar cara-cara berbisnis onlen.

Langkah berikutnya adalah buka lapak untuk memenuhi kebutuhan buka puasa dan MAGANG di warung terdekat. Buka lapak dan magang ini sangat penting dan bagi saya tidak perlu menunggu tahun depan, harus dijalankan saat ini juga sehabis pulang sekolah.

Tetap semangat kawan..... perjalanan masih jauh dan wujudkan mimpi masa depan dengan melangkah mulai saat ini

Salam sukses dunia akherat,