Tak selamanya pemain bintang jadi juara

[caption id="attachment_1115" align="aligncenter" width="300" caption="jika tersedia banyak lapangan bola maka mimpi Indonesia main di piala dunia bukan hal yang mustahil"][/caption]

Tidak semua tenaga muda bisa menghasilkan karya yang besar, dibutuhkan jam terbang yang cukup agar bisa melewatinya dan tidak semua yang "sudah berumur" itu selalu kelihatan hebat karena tetap saja dibutuhkan jam terbang yang cukup juga.

Tim Jerman yang banyak diisi oleh tenaga muda akhirnya harus menyerah kepada tim spanyol yang memang "sangat matang" dan ini dibuktikan dengan diboyongnya piala Euro 2008 mengalahkan jerman 1-0.

Kemenangan ini tentu saja menambah jam terbang Spanyol sebagai The Champion dan yang terpenting adalah menambah rasa percaya diri kepada semua pemain Spanyol.

Tim Belanda yang sejak tahun 70-an sangat dikenal dengan banyak pemain bertabur bintang seperti Johan Cruyff, Johan Neeskens, dll dan juga ditunjang dengan total foorball-nya yang sangat melegenda maka klop sudah kalau Belanda disebut sebagai the Best Team.

Selain itu ada trio maut Belanda yang sangat disegani lawan maupun kawan yaitu Ruud Gullit, Marco Van Basten dan Frank Rijkaard. Merekalah yang mengantarkan Belanda meraih gelar piala Eropa 1988.

[caption id="attachment_1116" align="aligncenter" width="300" caption="sedari kecil harus sudah dikenalkan dengan olahraga bola biar bisa menjadi pemain kelas dunia"][/caption]

Lalu jika melihat performance diatas, kira-kira siapa yang akan muncul menjadi The Champion....?? hanya Tuhan yang tahu.

Tetapi kalau saya disuruh menebak maka saya akan pilih tim yang mempunyai jam terbang tinggi dengan pencapaian terbaik pada tahun-tahun terakhir dan juga tim tersebut harus mempunyai banyak orang muda yang bisa bekerja sama dalam satu tim.

Seperti dalam bisnis, jika tim kita (baca karyawan) sudah sering closed suatu project maka untuk project-project berikutnya akan menjadi semakin mudah. Apalagi jika ditunjang oleh kepemimpinan yang baik dan semangat juang tinggi maka project-project baru dengan permasalahan yang berbeda akan dengan mudah diatasi.

Kembali ke masalah bola, maka menurut saya yang akan menjadi pemenang adalah SPANYOL.

Salam sukses dunia akherat,