23 jam pantat nempel di bis Sby - Ciamis

Saya berangkat dari surabaya hari rabu 22-agustus pukul 9.30 pagi dari terminal Bungurasih dengan naik bis mandala

Perkiraan saya berdasar perjalanan mudik minggu lalu, perjalanan diperkirakan 17 jam jadi estimasi sampai pukul 3-4 pagi

Bayangan saya berarti saya masih bisa menikmati hawa pagi di ciamis sambil ngopi di alun-alun

Setelah bis berangkat dari Bungurasih pukul 9.30, semuanya terasa normal, cuaca panas dan kendaraan bermotor masih normal walaupun masih kelihatan suasana lebaran

Perjalanan mulai terasa tersendat setelah masuk kota jombang, antrian mobil motor mulai kelihatan, kayaknya agak susah untuk bisa terus maju

Tetapi emang dasar bis nggak tahu aturan, bis ini main srudak-sruduk aja lewat jalur kiri (tanah) sambil ninggalin debu musim panas yang ngebul kebelakang

Selain itu bis ini bisa juga secara tiba-tiba nyalip dari arah kanan biarpun di depan ada motor atau mobil, tancap gas tanpa perduli di depan mau ngalah atau tidak..., HEBAAAT

Kata teman saya, bis ini kalahnya sama truk trailer yang sama-sama besar, bis biasanya langsung minggir begitu tahu di depan ada trailer

Tetapi biarpun bis bisa nyelonong seenaknya, tetap masih kalah dengan situasi yang ada

Kemacetan yang berlarut-larut dari jombang berlanjut ke nganjuk caruban sampai ngawi yang kadang-kadang di selingi dengan berhenti total dalam waktu lama akhirnya membuat bis-pun juga ikut berhenti

Semua penumpang gelisah karena bis tidak berhenti walaupun hanya untuk sekedar makan

Bis akan berhenti sebentar di terminal dan itupun hanya di terminal tertentu dalam waktu kurang dari 30 menit

Penumpang bergantian naik turun dan suasana di dalam bis masih sedikit terhibur dengan alunan lagu dari vcd dan MP3

Perhitungan saya yang seharusnya sampai ciamis pukul 4 pagi ternyata harus turun di terminal pukul 8.30 pagi artinya sudah 23 jam pantat saya nempel di bangku bis

Gilaaa...!!!!, sesampai di terminal sasaran pertama adalah warung nasi, sudah dari kemarin saya nggak makan nasi, cuma ke isi sama lontong sama snack

Hebat ya Indonesia....., sudah berpuluh-puluh tahun ngalamin tradisi mudik tetapi masih ada aja cerita kemacetan dimana-mana

Indonesia sudah banyak orang pinter, sudah banyak pakar di bidang transportasi, masak ngatasin masalah mudik aja nggak bisa...???

Kalau pengin tahu jawabannya..., tanyakan saja kepada rumput yang bergoyang


Salam sukses dunia akherat,