Bedah bisnis selama silaturahmi HBH TDA

Di acara Halal Bi Halal yang diadakan oleh TDA Pusat pada hari ini, saya mendapatkan sebuah pencerahan bisnis yang selama ini selalu mengganjal di setiap upaya pengembangan usaha.

Kendala banyak bermunculan seiring banyaknya action, buku-buku teori sudah banyak dibaca, diskusi dan sharing dengan para pebisnis lain sering saya lakukan malah akhir-akhir ini intensitasnya lebih sering dari biasanya tetapi masih ada saja ganjalan yang menghambat.

Ada beberapa kawan yang banyak saya kunjungi akhir-akhir ini hanya demi menemukan sebuah kunci jawaban. Kawan TDA maupun non TDA yang ada di sekitaran jakarta, bekasi bahkan sampai cikarang-pun tidak luput dari pencarian sebuah jawaban.

Tetapi di HBH TDA Pusat ini saya banyak tercerahkan setelah saya ngobrol dengan mas rozy, mas anto, pak try dan pak rosihan. Yang jadi bintang utamanya pak rosihan dan pak try sedangkan saya, mas rozy dan mas anto jadi "pasien".

Kendala pemilihan type bisnis dijelaskan dengan gamblang. Pemasalahan di tingkat retail dan distributor dijelaskan dengan detil beserta grafiknya sebanyak 3 lembar yang akhirnya dengan sukses dibawa oleh mas rozy sedangkan saya cukup dengan catatan saya sendiri.

Permasalahan branding dan produksi juga dikupas tuntas sampai habis-habisan sama pak try dan pak rosihan. Permodalan, hutang, cashflow diterjemahkan dengan sangat baik dan jelas sampai ke akarnya.

Sungguh sangat banyak untuk dituliskan tetapi saya akan coba share seiring dengan peng-aplikasian ilmu yang saya dapatkan ini.

Oh iya..... selama diskusi berlangsung, akhirnya usaha komputer saya, PRAKOM, menemukan bentuk yang tepat, menemukan bentuk yang cocok seiring dengan ketatnya persaingan dan pertumbuhan market perbankan.

Sekali lagi..... Silaturahmi membawa rejeki. Silaturahmi memperpanjang umur. Silaturahmi berbuah kesuksesan bisnis, AMIN

Salam sukses dunia akherat,