Youth, women and Netizen by Hermawan Kartajaya

Youth, women and netizen adalah 3 hal penting yang harus ada didalam brand masa depan karena 3 komponen itulah yang menjadi penentu seseorang untuk membeli atau tidak.

Kata-kata youth, women and netizen ini saya dapatkan setelah saya ikut seminar begawan marketing bp Hermawan Kartayaja (HK) yang berjudul Marketing to  Netizen Indonesia 2010 di hotel four season.

Sangat panjang lebar HK menerangkan keterkaitan ke-3 komponen itu dan saya akan coba jelaskan berdasarkan contoh dari HK dan juga berdasarkan pengalaman pribadi dan kawan-kawan.

Kenapa women...?? karena wanita kebutuhannya sangat banyak dan setiap kali mereka belanja biasanya selalu mengambil barang lain selain keperluan utama.

Selain itu kalau para wanita/ibu-ibu makan di restoran, biasanya mereka selalu mengajak putra-putrinya dan sekali beli minimal untuk berdua yang akhirnya membuat bapak atau pacarnya mau nggak mau juga harus ikut beli.

Youth atau pemuda, hampir mirip dengan kasus diatas hanya saja mereka biasanya beli untuk orang yang disayanginya.

Contoh, misal ada 2 sejoli pergi pacaran dan yang wanita mengajak makan, kemungkinan besar yang laki "pasti" mengabulkan apa yang diminta dengan segala macam cara demi menjaga gengsinya. Ini bisa menjadi pasar yang sangat potensial banget.

Netizen singkatan dari Net-Citizen, adalah mereka semua yang menggunakan internet. Saat ini sangat mudah sekali melihat orang yang mengakses internet dimana-mana, baik itu lewat HP, notebook, pc atau yang lainnya.

Jadi untuk menangkap peluang yang ada, sudah saatnya blog-blog yang ada harus sudah bisa dibuka melalui HP dengan mudah dan tidak terasa berat untuk mengaksesnya.

Memaksimalkan dunia online sangat-sangat penting saat ini agar bisa menangkap peluang yang ada. Twitter, FB, blog, website, iklan online dan semua yang berbau online harus bisa dimanfaatkan secara maksimal oleh semua pihak di perusahaan bahkan oleh pimpinan puncak yang biasanya sudah sangat senior yang membuat mereka sangat sulit untuk berpindah.

Ada hal menarik yang disampaikan oleh HK mengenai market di Indonesia yaitu mengenai jumlah penduduk indonesia yang saat ini berjumlah sekitar 237,6 juta jiwa (tolong dikoreksi jika salah) dan diantara mereka ada beberapa penduduk yang mempunyai daya beli yang sangat kuat dalam jumlah yang sangat besar.

Toko-toko di luar negeri yang sering jadi "tongkrongan" masyarakat kita sampai harus rela menyediakan guide berbahasa indonesia demi memberikan kenyamanan kepada pembeli kita.

Jadi daripada kita menghabiskan waktu dan tenaga untuk membuka pasar luar negeri, kenapa kita tidak "bertarung" memperebutkan pasar lokal saja. Banyak perusahaan-preusahaan asing yang sampai harus "merengek-rengek" agar bisa berjualan ke Indonesia.

Saya sependapat dengan besarnya pasar lokal tetapi tetap kita harus berani melangkah keluar untuk ekspor agar produk kita bisa men-dunia.

Bahasan HK selama 2 jam tidak akan bisa di tuliskan semua disini, sisanya akan saya share setelah saya praktek semua yang di sampaikan.

Salam sukses dunia akherat,