Pengusaha zona nyaman

[caption id="attachment_1090" align="alignleft" width="300" caption="zona nyaman.... zona 80"][/caption]

Pernah denger yang namanya zona 80...?? di TV swasta ada acara zona 80 yang memutar lagu-lagu kenangan masa lalu. Acara zona 80 sangat menarik dan kita bisa bernostalgila sambil membayangkan masa "kejayaan" dulu, masa-masa yang sangat indah untuk dilupakan, masa yang penuh dengan kegilaan bahkan saking gilanya membuat kita enggan untuk beranjak "melangkah." Zona 80 benar-benar membuat kita merasa nyaman....

Zona nyaman biasanya identik dengan titel seorang karyawan, tetapi jangan salah, pengusaha juga banyak yang berada di zona nyaman. Kelihatannya saja "bertitel" pengusaha tetapi sebetulnya semangat dan jiwanya masih seperti karyawan yang berada di zona nyaman.

Kalau karyawan yang di zona nyaman biasanya mereka sangat susah untuk diajak berubah menjadi seorang pengusaha, kenapa..?? karena mereka sudah merasa "aman dan nyaman" di posisi sekarang ini. Mereka takut jika berubah maka segala kenyamanan dan fasilitas sebagai seorang karyawan akan hilang dan mereka akan berada di zona yang tidak nyaman lagi.

Di dunia wirausaha-pun juga banyak para pengusaha yang merasa aman dan nyaman di zona aman. Mereka merasa bahwa dengan cara seperti inipun mereka masih bisa hidup jalan lalu buat apa dirubah nanti malah menambah pusing, biasanya begitu alasan yang sering saya terima.

Kalau pengusaha berpikir seperti itu berarti mereka menyalahi kodratnya sebagai seseorang yang HARUS menciptakan lapangan pekerjaan. Lapangan pekerjaan akan bisa tercipta jika ada seorang wirausaha yang banyak membuka usaha.

Lagipula apa asyiknya jika seorang pengusaha harus berlama-lama di suatu tempat tanpa menciptakan tantangan baru, jangan sampai tantangan itu muncul dari luar tetapi ciptakan tantangan sendiri biar kita juga bisa mengontrol tantangan itu.

Buka toko dan warung dimana-mana, ramai-kan tempat sepi dengan menciptakan pasar, perluas pangsa pasar sampai ke luar negeri, niatkan membuka usaha untuk mengangkat kesejahteraan orang lain selain untuk diri sendiri dan yang terpenting adalaha perbanyak sedekah dari semua hasil usaha kita.

Salam sukses dunia akherat,