Yang penting Fokus dan Nekat...... titik

[caption id="attachment_1029" align="aligncenter" width="300" caption="juara UKM Entrepeneur Award kategori Creativity Bisnis 2010"]UKM Award 2010[/caption]

Akhir-akhir ini saya sangat terinspirasi dengan cerita-cerita wayang dan buku-buku tentang sejarah kebesaran nenek moyang kita, salah satunya yang menjadi inspirasi saya adalah mahapatih Gajah mada, seorang patih besar dari kerajaan Majapahit yang  kebetulan satu lokasi dengan saya di jawa timur Cuma beda jaman aja.

Dulu, dulu........ banget, kita pernah mempunyai seseorang  yang sangat visioner yaitu mahapatih Gajah Mada yang demi mewujudkan cita-citanya menyatukan nusantara, beliau mengucap sumpah sakti hamukti palapa (amukti palopo) yang berarti sumpah tidak akan menikmati kesenangan duniawi apabila belum bisa mempersatukan nusantara.


Kisah ini sangat mengilhami perjalanan bisnis saya yang saya beri nama PRAKOM dan saya sampaikan juga kekaguman saya kepada maha patih Gajah Mada dihadapan dewan juri yang menilai saya sewaktu wawancara untuk penganugerahan UKM Entrepeneur Award yang berujung dengan diganjarnya PRAKOM dengan UKM Entrepreneur Award kategori Creativity Bisnis 2010.

[caption id="attachment_1030" align="aligncenter" width="300" caption="Bersama wakil ketua umum KADIN bidang usaha Mikro, Kecil, Menengah dan Koperasi Bp. Sandiaga S Uno"]Sandiaga Uno dan Rawi[/caption]

Ada sesi Tanya jawab yang menurut saya menarik untuk dibagi, begini ceritanya,

Juri, “Bagaimana mengenai rencana kedepan dengan bisnis PRAKOM..?”

Saya,”….saya akan membuka beberapa perwakilan atau kantor cabang atau service center atau apapun namanya di setiap perkotaan yang ada di seluruh Indonesia dan saat ini sayapun juga sudah melakukannya dengan membuka di beberapa tempat seperti di Gombong, Solo, Surabaya, Denpasar, Mataram, Makassar dan Bekasi sebagai kantor pusat. Sebentar lagi saya akan buka juga di sekitar kota Bogor, Jakarta untuk memperluas pasar.

“Saya bermimpi suatu saat, paling lama 2 tahun dari sekarang, PRAKOM sudah bisa membuka cabang di Singapura atau Malaysia atau negara Asia lainnya, saya yakin bisa karena dulupun leluhur saya mahapatih Gajah Mada juga bisa melakukannya,” kataku melanjutkan

Hmmm……….. juri manggut-manggut lalu dilanjut dengan beberapa pertanyaan lainnya,

[caption id="attachment_1031" align="aligncenter" width="245" caption="Award Blog perjalanan bisnis terbaik 2010 dari komunitas TDA"]Award Blog perjalanan bisnis terbaik 2010 dari TDA[/caption]

Juri, “Disini anda menulis Blogger Entrepreneur, bisa dijelaskan apa maksudnya ini..?”

Saya,”ya itulah saya, saya adalah seorang blogger dan juga seorang entrepreneur. Nge-blog adalah salah satu hobbi saya disamping berbisnis, dengan nge-blog maka saya bisa share apa yang saya punya melalui media internet yang bisa dibaca oleh jutaan orang di seluruh dunia. Salah satu mimpi saya adalah membuktikan kepada semua orang bahwa seorang blogger yang baik itu juga bisa menjadi seorang Entrepeneur yang baik dan untuk urusan nge-blog saya sudah membuktikan dengan dianugerahinya blog saya sebagai Blog Perjalanan Bisnis Terbaik 2010 dari komunitas bisnis terbesar TDA”

“Seorang entrepreneur harusnya juga seorang blogger biar mereka bisa menyebarkan ilmunya secara efektif  dan seorang blogger  seharusnya juga seorang entrepreneur biar blogger yang selama ini mandiri menjadi benar-benar mandiri secara financial tidak tergantung orang lain jadi bisa lebih bebas menyalurkan idenya,” kataku melanjutkan sambil berbusa-busa

Sesaat mereka berdiskusi dengan juri lain dengan menggunakan bahasanya pangeran charles (mungkin dipikir saya nggak ngerti kali ya….?)

Dari sekian banyak wawancara yang di gelar secara santai, ada pertanyaan yang menurut saya menarik yaitu soal kisah perjalanan semasa kuliah dan suka-sukanya berjualan.

Mereka tertawa sewaktu saya bilang bahwa saya sukses lulus dalam waktu 5 tahun yang seharusnya 3 tahun dan mereka tertawa lagi sewaktu saya katakan bahwa saya selalu dapat ranking 5 besar  tetapi jika ngitungnya dibalik dari bawah…. Hahahahaha. Saya termasuk mahasiswa yang dicintai oleh semua orang bahkan saking cintanya untuk luluspun saya harus rela lebih lama.

[caption id="attachment_1033" align="aligncenter" width="300" caption="Salah satu jasa PRAKOM adalah perbaikan printer Printronix/IBM"]service printronix P5005[/caption]

Award ini buat saya hanyalah sebagai langkah kecil untuk menggapai mimpi yang lebih besar. Award ini adalah juga sebagai bukti untuk mematahkan mitos bahwa mereka yang baik di sisi online pasti bisa juga baik di sisi offline.

Kunci dari kesemuanya ini adalah sama dengan apa yang dilakukan oleh mahapatih gajah Mada yaitu cuma modal fokus dan nekat, tetapi ada yang membedakan yaitu saya akan tetap berisitri 1 walalupun saya berhasil menyatukan wilayah Asia dalam waktu 10 tahun mendatang….. hehehehehe

Salam sukses dunia akherat,