Laporan pandangan mata Lia - siswi SMK Karya Mandiri Bekasi

Lia agustin yang mencoba berjualan minuman es dengan cara dititipkan ke warung-warung

Sebuah langkah kecil yang akan menjadi hasil yang besar jika dijalankan secara terus menerus

===============================================

Pengalaman kunjungan bisnis

Pada hari senin anak-anak SMK KARYA MANDIRI  dalam rangka mengisi minggu ke lima mengadakan KUNJUNGAN BISNIS ke beberapa perusahaan yaitu ke PASAR BATIK yang berlokasi di PEKAYON tepatnya di KEMANG PATAMA, SANDAL IMUCU serta MARTABAK ALIM  yg berlokasi di VILLA NUSA INDAH 5.

Kami berangkat ke perusahaan yang pertama pada jam 9 pagi, selama perjalanan kami saling bercanda gurau,sesampainya di tempat tujuan kami pun langsung di sambut oleh istri dan anak serta pemilik batik yaitu Pak Andika, Di sana kami diberi arahan-arahan dan motifasi dalam menjalankan suatu usaha.

Teman saya bertanya kepada Pak Andika “kita kan masih baru dalam dunia usaha,jadi terkadang kita masih malu dalam menjalankan usaha tersebut” lalu Pak Andika menjawab”kenapa mesti malu?memang’a kita ARTIS,jngan sok ARTIS deh”.

Teman saya menceritakan tentang usahanya kepada Pak Andika,lalu Pak Andika bertanya “apakah produk usaha kamu di beri lebel atau kartu nama?teman saya menjawab TIDAK……….!lalu Pak Andika pun menyarankan kepada semua siswa jika kita memiliki suatu produk usaha kita harus menyertakan lebel,dan nomer telfon agar semua orang tau bahwa produk itu punya kita.

Pak Andika pun bercerita tentang pengalaman bisnis batik’a dari awal sampai sekarang ini.ia bekerja di salah satu perusahaan,namun ia mengundurkan diri dan lebih memilih menjadi seorang wirausaha.yaitu di bidang facion tepat’a usaha batik.

Ia menjalankan usaha’a bersama istrinya,mula-mula ia ngambil batik dari salah satu saudaranya sebanyak satu karung.dia memasarkannya lewat INTERNET,dan usaha batiknya berkembana pesat.setelah pertemuan selesai kami di beri oleh-oleh berupa baju batik.

Kami menuju ke perusahaan yg ke2,yaitu ke perusahaan SANDAL IMUCU dan MARTABAK ALIM.di sana kami bertemu pemilik perusahaan yaitu Pak Rozi.d’sana kami semua di beri motifasi,modal utama dalam suatu usaha adalah modal kepercayaan.artinya jangan sekali2 kita mengecewakan pelanggan,karena sekali pelanggan itu kecewa mereka tidak akan mau balik lagi untuk membeli produk kita.

Modal pertama Pak Rozi dalam menjalankan usahanya yaitu Rp.100rbu.teman saya bertanya kepada Pak Rozi,”apakah tantangan terberat bapak?Pak Rozi menjawab setiap tahapan dalam bisnis itulah tantangan terberat saya”.dalam sesi tanya jawab kami di suguhi MARTABAK ALIM,dan minumannya juga.setelah pertemuan selesai sebelum pulang kami di beri oleh-oleh berupa SANDAL IMUCU yg sangat imut.



Mungkin hanya inilah cerita & pengalaman saya dalam kunjungan bisnis minggu lalu.

==================================================

Tulisan ini akan jadi lebih baik jika di ketik menggunakan Word.

Nilai akhirnya adalah.................................................... 85

Salam sukses dunia akherat,