Keluguan dan kepolosan anak SMP & SMA di Ancol

[caption id="attachment_1231" align="alignleft" width="300" caption="salah seorang anak SMP yang bermimpi jadi POLWAN dengan pangkat kopral"][/caption]

Sewaktu saya jadi pembicara di pesantren kilat yang bertemakan soal wirausaha yang diadakan oleh PT. Jaya Ancol, saya mellihat mata-mata penuh gairah dari peserta yang kebanyakan anak SMP dan anak SMA/SMK.

Mata dan celoteh mereka membikin suasana yang rame jadi tambah tidak teratur tetapi justru itulah yang membedakan masa anak-anak dengan masa dewasa, masa SMP dan SMA adalah sebuah dunia penuh kebahagiaan.

Sewaktu sesi membuat mimpi dengan cara menulis dan menggambar di kertas, saya menemukan gambar seorang anak SMP yang masih sangat lugu. Dia menggambar seorang polwan lalu saya ajak dia ke depan peserta lainnya agar bisa saya ajak diskusi, begini...

Saya, "ini gambar apaan....?"

anak smp, "gambar polisi..."

"kenapa nggambar polisi..?? apa besok kalau sudah besar mau jadi polisi..??, tanyaku

anak SMP,"iya.."

"kalau jadi polisi, pangkatnya pengin jadi apa...??" tanyaku melanjutkan

"jadi kopral...", katanya

dalam hati membatin, kenapa gak jendral aja jadi sekalian kalo mimpi..... hehehehe dasar anak SMP

ya begitulah..... keluguan dan kepolosan para peserta pesantren kilat yang kebanyakan anak SMP dan anak SMA/SMK.

Semoga apa yang saya sampaikan bisa memberikan inspirasi buat mereka semua dalam upaya mengejar cita-cita.

salam sukses dunia akherat,