Nyaman di jalan dan sholat berjamaah - TIDAK MUDIK 3

[caption id="attachment_1263" align="aligncenter" width="300" caption="hypermarket yang masih rame dengan pengunjung di hari pertama lebaran"][/caption]

Sehabis sholat ied di masjid deket rumah bersama tetangga sekitar dalam cuaca yang sangat bersahabat, kami (saya, istri, galih dan kayla) ngelakuin kunjungan ke tetangga sekitar. Sebagai yang muda-an memang hukumnya wajib untuk berkunjung terlebih dulu ke yang lebih tua.

Hidangan khas kampung dan air mineral selalu tersaji di setiap rumah yang tidak mungkin bisa semuanya masuk ke perut. Kalau setiap rumah ambil panganan dan nerima ajakan ngopi, pasti ditanggung tidak bakalan bisa jalan pulang.

Tradisi saling mengunjungi di setiap lebarang menjadikan lebaran menjadi lebih ceria seperti cerianya anak SD, anak SMP di acara santunan komunitas TDA yang saya ikuti sewaktu bulan ramadhan lalu.

Ternyata Bekasi-ku sewaktu lebaran sangat jauh dari bayanganku semula. Saya pikir seperti di kota -kota lain yang jika lebaran akan sulit nyari lauk atau jajanan buat makan tetapi kenyataannya di sini, di bekasi-ku tersayang sangat banyak orang jualan bahkan minimarket dan hypermarket besar juga masih buka.

Lalu lintas memang agak lowong tetapi juga tidak bisa disebut lancar, tetep aja ada kemacetan di beberapa titik. Saya tahu ini karena ngikutin kicauan twitter yang jadi senjata ampuh buat mengetahui kondisi lalu lintas di jabodetabek.

Tadi saya jalan dari bekasi ke arah kelapa gading lewat tol dan jalanan terasa nyaman walaupun mobil tetap nggak bisa di kebut kenceng. Pulangnya saya coba dari kelapa gading lewat jalur biasa ke bekasi melalui pulogadung dan hasilnya..... jalanan masih cukup nyaman juga walaupun masih padat dengan kendaraan roda 2.

[caption id="attachment_1265" align="aligncenter" width="480" caption="seandainya bisa sholat berjamaah setiap hari... (sumber simbah Google)"][/caption]

Di bulan ramadhan ini saya dapat sesuatu yang sangat sangat membahagiakan.... yaitu untuk pertama kalinya saya bisa sholat berjamaah berdua bersama galih (anak pertama). Di hari-hari sebelumnya sholat berjamaah berdua tidak pernah dilakukan dengan seribu satu alasan yang "masuk akal".

Alhamdulillah..... pencapaian sholat jamaah bareng galih ini bisa mengalahkan semuanya dan yang lebih nyenengin lagi, galih bisa sholat sendiri walaupun saya sudah sholat duluan, alhamdulillaaaah

Semoga di hari-hari berikutnya kebiasaan sholat berjamaah ini bisa berlanjut, amin

Salam sukses dunia akherat,