2 kejadian kriminal di Jatiasih Bekasi

[caption id="attachment_512" align="alignleft" width="130" caption="Jalan dekat rumah yang masih banyak tanah kosong"]8826_1258466908550_1435958170_747423_4823708_s[/caption]

Bulan oktober ini ada 2 kali kejadian kriminal di lingkungan kampung saya tepatrya di kecamatan Jatiasih kelurahan Jatiluhur Bekasi. Dari dulu daerah sini memang suka ada beberapa kali kejadian pencurian dan saya sendiri termasuk salah satu korbannya, waktu itu saya kemalingan jemuran baju aluminium dan selain itu kejadian kedua yaitu mobil pick up yang saya pakai buat angkut barang juga hampir saja diambil oleh maling tapi yang ini belum sampai terjadi karena keburu ketahuan oleh mertua yang kebetulan tidur di kamar depan.

Kejadian kriminal bulan oktober ini yaitu peristiwa penodongan di jalan sekitar rumah saya. Jalan ini memang relatif sepi dan masih banyak tanah kosong, jarak rumah masih berjauhan maka hal ini makin mempermudah gerakan maling untuk melakukan aksinya.

[caption id="attachment_513" align="alignleft" width="130" caption="Lokasi terjadinya penodongan"]9624_1258469948626_1435958170_747431_5708493_s[/caption]

Sebetulnya kejadian ini ada yang melihat cuma mereka tidak curiga karena dikiranya mereka sedang ngobrol. Untuk kejadian ini yang hilang adalah sebuah sepeda motor.

Kejadian kedua dalam waktu yang hampir bersamaan adalah hilangnya mobil Toyota Avanza dari halaman rumah. Kondisi rumahnya memang setengah terbuka dan masih ada tempat kosong yang memungkinkan maling untuk masuk dan juga kondisi pagar yang cuma dipasang gembok 1 buah.

Kejadiannya sekitar jam 3 pagi dan sebetulnya mereka sempat kepergok oleh penjaga malam kampung. Penjaga sudah teriak maling tetapi perampoknya gak kalah galak.... mereka  teriak nyuruh diam sambil ngacungkan pistol dan bilang mau nembak. Kelihatannya ada 2 orang tetapi untuk pastinya memang belum jelas karena si penjaga sudah kabur duluan setelah dengar kata-kata di tembak. Penjaga teriak maling sambil membangunkan warga sekitar... tapi apa daya malingnya sudah keburu kabur sambil bawa mobil.

Susah sekali untuk mengantisipasi kejadian kemalingan atau penodongan ini. Maling lebih pintar dari kita, mereka bisa membaca situasi yang ada. Jika malam hari ada orang maka mereka melakukannya pada siang hari bahkan pernah mereka melakukan pada jam 5 pagi setelah penjaga pulang.

Memang kita tidak boleh pasrah begitu saja, tetap harus ada langkah-langkah untuk pengamanan diri sendiri. Belajar dari pengalaman yang ada, maka saya mengambil beberapa langkah sebagai berikut untuk pengamanan rumah dan keluarga :

  1. Memberdayakan preman sekitar untuk menjaga rumah. Tentang bagaimana caranya sudah saya tuliskan disini.

  2. Perbanyak sedekah, zakat, amal atau apapun namanya untuk menolak bala

  3. Perbanyak membantu orang lain dan tidak harus berupa materi


Memang cara diatas tidak selamanya ampuh tetapi minimal kita sudah berusaha dan biarkan Tuhan yang mengatur hidup kita. Semoga bisa membantu dan semoga kita tetap waspada,

Salam sukses dunia akherat,