Perusahaan Developer pertama-ku bersama Property Plus

[caption id="attachment_486" align="alignleft" width="300" caption="Pak Bambang Property Plus mengeluarkan jurus menjadi sebuah perusahaan Developer yang handal"]IMG00757[/caption]

Berawal dari sebuah email yang dikirim oleh pak ato ke milist TDAbekasi yang mengabarkan bahwa diadakan workshop property pada hari jum'at dan sabtu, maka saat itu juga langsung saya kontak pak ato untuk informasi lebih lanjut. Awalnya ada keraguan dalam hati karena saya tidak tahu workshop ini mengenai apa...?? kenapa bisa sampai 2 hari...?? apa untungnya buat saya...??

Ada kata kunci yang membuat saya yakin yaitu setelah saya bertanya "pak ato, siapa saja yang ikutan..? pak ato ikut nggak...??"

"saya ikut, ada pak agus ali, pak erry, wingky EU," kata pak  ato.

"Oke kalau gitu saya juga ikut, kemana saya harus kontak..?" kataku tanpa ragu karena nama-nama diatas saya sudah tahu kualitasnya di bisnis jadi saya nggak perlu ada pertanyaan lanjutan lagi, LANGSUNG ACTION.

Pak ato ngasih beberapa nomor untuk dihubungi dan singkat cerita akhirnya pada sore hari saya datang ke hotel Maharani untuk ikut workshop property yang diadakan oleh Property Plus dibawah bimbingan pak Bambang.

Workshop ini sangat menarik dan EU banget. Cair, santai, penuh guyon tapi ber-daging. Workshop ini mengajarkan cara-cara untuk mendapatkan property, mendapatan modal untuk membangun property bahkan bukan cuma property saja tetapi diajarkan juga cara untuk menjadi sebuah perusahaan Developer.

Peserta yang ikut di workshop ini bukan peserta "sembarangan", ini terlihat sewaktu saya ngobrol dengan beberapa peserta, contoh pak khaidir, beliau ini adalah seorang developer yang mempunyai beberapa proyek perumahan di Bekasi Timur dan sudah membangun beberapa proyek perumahan lainnya. Bu yanti yang low profile yang mempunyai 5-6 perusahaan, puluhan franchise dan beberapa orang lainnya lagi yang tidak kalah hebatnya.

Ada kegiatan menarik khas "orang gila" ini yaitu sewaktu jam 11 malam pak Bambang (mentor) menawarkan untuk melihat 4 lokasi tanah yang ditawarkan malam itu juga dan semua peserta mengiyakan tanpa ada penolakan maka jadilah malam itu semua beriringan 23 mobil menuju ke lokasi tujuan.

4 Lokasi tujuan itu adalah, 2 di bekasi timur, 1 di BSD, dan 1 di Ciganjur. Seperti rombongan orang gila, malam-malam beriringan sambil menyalakan lampu hazard meninjau lokasi.

Peninjauan dimulai jam 11 malam dan selesai semua tepat adzan subuh di lokasi terakhir yaitu di Ciganjur. Benar-benar kerjaan orang yang "tidak punya otak"....

Esok harinya pukul 2.30 siang acara dilanjutkan lagi dengan mengevaluasi dan melakukan studi kelayakan terhadap beberapa tanah yang disurvey. Dari pengamatan awam, saya yakin lokasi-nya bagus ternyata setelah dilakukan pehitungan mendalam ternyata masih kurang menguntungkan dari segi margin dan pekerjaan. Ada banyak faktor, ada banyak parameter yang saya sendiri sampai saat ini belum paham, perlu terjun lapangan lebih banyak lagi biar lebih ngerti.

[caption id="attachment_488" align="aligncenter" width="300" caption="suasana penentuan lokasi tanah yang akan dibangun komplek perumahaan dan lokasi kantor pemasaran"]IMG00761[/caption]

Setelah melalui workshop yang panjang akhirnya sampai pada tujuan akhir yaitu bersama-sama membentuk sebuah perusahaan Developer. Semua peserta yang ada patungan agar bisa digunakan sebagai modal awal untuk membeli tanah, sewa kantor, biaya overhead, dll.


Di sepakati tanah yang akan dibeli seharga 13.500.000.000 milik salah seorang member dan akan dibangunn rumah senilai 700jutaan. Angka ini masih angka sementara dan masih bisa berubah tergantung situasi.

Dari saweran malam itu, "terkumpul" 1.4M diatas kertas. Kenapa saya bilang diatas kertas... karena hal ini membutuhkan action lanjutan pada pertemuan mendatang yang dijadwalkan pada hari jum'at malam di kantor yang baru.

Sepulang dari workshop ini maka saya dan pak Ato sudah bisa mendeklarasikan diri bahwa kami mempunyai sebuah perusahaan Developer dengan asset sebesar Rp. 1.4M yang siap digunakan untuk membangun sebuah komplek perumahan. Sebuah langkah awal yang WAJIB di tularkan ke Property Club Bekasi untuk mewujudkan mimpi mempunyai sebuah villa TDA.

Salam sukses dunia akherat,