LUPAKAN SEO, SEGERA BUKA TOKO


Banyak banget orang-orang yang mendewa-dewakan bisnis lewat internet, seolah-olah jika belum menggunakan internet maka dijamin bisnisnya tidak akan bisa berkembang atau bisa kalah bersaing dengan lainnya, apa bener...???

Bisnis online itu sebetulnya simple banget, kita cuma patokan sama orang yang bernama mbah gugel atau kalau ditempat asalnya dinamakan Google. Kalau simbah gugel gampang nyari kita maka dijamin akan banyak pengunjung ke situs/bisnis kita. Saya gak mau bahas soal ini karena menurut saya TIDAK MENARIK kalau cuma ngomongin bisnis online.

Saya ambil contoh di usaha yang saya kembangkan, Pradana Komputer atau biasa disebut PRAKOM, yang khusus melayani jasa perbaikan dan penjualan di segmen perbankan dan spesialis di printer beserta konsumablenya. Kalau situs saya yang beralamat di http://www.prakom.com di cek maka pasti tidak akan SEO friendly (kata pakar-nya), tetapi apa itu membikin saya kalah bersaing..?? kata siapa, sorry ye.......??



Kita hidup di bumi, di dunia nyata, bukannya hidup di langit, jadi selama kita masih di dunia nyata maka segala tindakan yang ada hubungannya dengan dunia nyata harus dilakukan seperti jalan-jalan atau visit customer, buka toko di pasar yang ada orang beneran bukan hanya di langit, "bercinta" secara nyata dengan pelanggan bukan hanya di langit dan kegiatan-kegiatan lainnya yang berhubungan dengan dunia nyata yang harus kita lakukan.

Ada hal lain yang saya tidak suka di bisnis online ini yaitu, bisnis ini sangat sedikit memanfaatkan tenaga kerja karena sifatnya bisnis online ini memang "hanya" berhadapan di depan komputer untuk berjualan. Alangkah baiknya jika bisnis kita itu bisa juga dirasakan oleh masyarakat sekitar dengan cara menjadikan mereka sebagai karyawan atau menjadikan partner usaha.

Lalu apakah saya harus melepaskan bisnis online-nya..?? ya tentu saja tidak, Usaha komputer saya, Pradana Komputer tetap menggunakan cara online untuk berjualan dan dari waktu ke waktu selalu saya update agar bisa SEO Friendly dengan memanfaatkan bantuan orang lain. Tetapi ada yang membedakan, online buat saya mungkin cuma sekitar 30% dari seluruh aktifitas penjualan, saya lebih banyak "bertarung" di dunia nyata.



Pernah suatu ketika dalam beberapa bulan saya tidak buka internet, saya hanya memanfaatkan email , chatting dan browsing di BB, kenapa..?? karena penjualan di dunia nyata sangat menyita waktu dan saya tidak merasa rugi karena tidak bisa online bahkan saya malah lebih diuntungkan karena banyak order masuk. Penjualan salah satunya memang berasal dari internet tetapi itupun tidak banyak, lebih banyak penjualan karena berdasarkan rekomendasi pelanggan dan repeat order

Berdasarkan pengalaman pribadi, agar kita kebanjiran pembeli maka kuncinya adalah kita banyakin penjualan di dunia nyata, tambah karyawan biar banyak yang nge-doa'in usaha kita, kumpul-kumpul dengan banyak orang biar kalau kita punya keinginan maka akan banyak yang bisa nge-bantu, buka toko dimana-mana di dunia nyata, sapa pelanggan kita dengan hati bukan hanya dengan gambar, silaturahmi secara fisik lebih baik daripada cuma lewat status. Lupakan SEO kalau memang membingungkan, pikirkan saja gimana caranya agar pelanggan di sekitar bisa membeli produk kita dengan nyaman.

Salam sukses dunia akherat